Jumat, 19 Juni 2020

silabus dan kisi-kisi seni budaya kelas 8

SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas  : VIII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan             dan keberadaannya
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan               yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1     Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model 12    jp
Column1 Menyebutkan prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan Menggambar model  Bereksperimen menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.1   Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan      Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
  Mempresentasikan  karya-karya  yang dikerjakan      Mempresentasikan  karya-karya  yang dikerjakan           
3.2     Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital  Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Melihat gambar ilustrasi  dengan beragam teknik  melalui media cetak dan elektronik Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Membedakan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Menanyakan tentang prosedur dan teknik  menggambar ilustrasi  12 jp
4.2   Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Menggambar illustrasi dengan teknik manual dengan kertas gambar Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital  Menggambar ilustrasi dengan teknik manual   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
Menggambar illustrasi dengan teknik  digital Menggambar ilustrasi dengan teknik digital  
  Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
3.3   Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik Menjelaskan prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik Menggambar poster  Menjelaskan, melihat dan memberi komentar tentang contoh-contoh gambar poster dari berbagai sumber. Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan teknik, fungsi  gambar poster  Menjelaskan dan menanyakan prosedur,teknik, fungsi dan jenis-jenis gambar poster  12  jp  
Menyebutkan jenis-jenis gambar poster  Mendiskusikan dan bereksperimen dengan beragam teknik dan media menggambar poster  
4.3   Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik Kegiatan praktek menggambar berdasarkan teknik  prosedur dan fungsi gambar poster  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Menjelaskan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
3.4     Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik  Melihat  contoh gambar komik Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1       Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan fungsi dan teknik gambar komik Menanyakan tentang fungsi dan teknik gambar komik 12    jp 2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
Menjelaskan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Mendiskusikan prosedur dan teknik menggambar komik   
4.4.    menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya  
  Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya  komik yang dikerjakan Menggambar komik dengan berbagai teknik Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya  komik yang dikerjakan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
Mengetahui Moga,13 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas  : VIII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah Menyebutkan keunikan teknik dan gaya lagu daerah setempat Lagu daerah   (setempat atau daerah lain)/tradisional • Mengamati penampilan sekelompok penyanyi yang membawakan lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah • Mengidentifikasi  keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional   15  jp
4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Menyusun data lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gaya dan intonasi dialek kedaerahan Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah • Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional    2.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah • Menyajikan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah  lebih secara berkelompok  
  Mempresentasikan hasil diskusi lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk d. Penilaian karya   3.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok Menjelaskan teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok ●Lagu daerah dan pembagian suara Mengamati  lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang dinyanyikan dalam dua suara atau lebih Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan     1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan  pembagian suara dalam menyanyi lagu daerah dengan suara dua   Mengidentifikasi teknik  pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang diperdengarkan 15  jp
  - Keunikan Lagu Daerah Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional      
         
4.2 Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok Memaparkan kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok - Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok  b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Menyanyikan lagu   daerah  (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih  secara kelompok Menyanyikan lagu   daerah  (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih   Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
3.3.Memahami teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan  Menjelaskan  teknik memainkan alat musik tradisional   ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara perorangan  Mengamati  permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik memainkan alat musik    
Menyebutkan  jenis-jenis  alat musik tradisional   Mengidentifikasi teknik permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan 15    jp 1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan   fungsi memainkan alat musik tradisional   Mengidentifikasi  bagian-bagian tertentu pada alat musik tradisional  
  Mengidentifikasi  teknik memainkan alat musik tradisional    
4.3 Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan Membuat daftar  tentang teknik  memainkan berbagai alat musik tradisional secara kelompok Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara kelompok     3.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
    Memainkan salah satu alat musik tradisional    
  Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara perorangan  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
           
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok  Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok  ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok • Mengamati, menyaksikan  permainan sekelompok alat musik tradisional  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik bermain ansambel secara kelompok    
  • Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok  12    jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Berkreasi  memainkan alat musik tradisional secara berkelompok    
4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok   • Mengeksplorasi bunyi alat musik tradisional secara berkelompok    
  • Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok      
  Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok • Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian praktik   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
           
 
Mengetahui
Untuk mendapatkan file Silabus Seni Budaya ini silahkan Donwload di sini Kepala SMP N 1 Moga Moga,13 Juli 2020
Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd
NIP1970901 199802 1 002 Haryanto,S.Pd
NIP19640504198601 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar