SILABUS | ||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | |||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Rupa) | |||||
Kelas | : VIII | |||||
KOMPETENSI INTI (KI) | ||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | ||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | ||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | ||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | ||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan | Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model | Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model | Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model | 12 jp | |||||
Column1 | Menyebutkan prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan | Menggambar model | Bereksperimen menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||
4.1 Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||
Mempresentasikan karya-karya yang dikerjakan | Mempresentasikan karya-karya yang dikerjakan | |||||
3.2 Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Melihat gambar ilustrasi dengan beragam teknik melalui media cetak dan elektronik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Membedakan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menanyakan tentang prosedur dan teknik menggambar ilustrasi | 12 jp | ||||
4.2 Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menggambar illustrasi dengan teknik manual dengan kertas gambar | Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menggambar ilustrasi dengan teknik manual | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||
Menggambar illustrasi dengan teknik digital | Menggambar ilustrasi dengan teknik digital | |||||
Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||||
3.3 Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik | Menjelaskan prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik | Menggambar poster | Menjelaskan, melihat dan memberi komentar tentang contoh-contoh gambar poster dari berbagai sumber. | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Menyebutkan teknik, fungsi gambar poster | Menjelaskan dan menanyakan prosedur,teknik, fungsi dan jenis-jenis gambar poster | 12 jp | ||||
Menyebutkan jenis-jenis gambar poster | Mendiskusikan dan bereksperimen dengan beragam teknik dan media menggambar poster | |||||
4.3 Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik | Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik | Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik | Kegiatan praktek menggambar berdasarkan teknik prosedur dan fungsi gambar poster | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |
Menjelaskan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik | Mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||
3.4 Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik | Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik | Melihat contoh gambar komik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1 Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Menyebutkan fungsi dan teknik gambar komik | Menanyakan tentang fungsi dan teknik gambar komik | 12 jp | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||
Menjelaskan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Mendiskusikan prosedur dan teknik menggambar komik | |||||
4.4. menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||
Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya komik yang dikerjakan | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya komik yang dikerjakan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||
Mengetahui | Moga,13 Juli 2020 | |||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | |||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | |||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | |||||
SILABUS | ||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | |||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Musik) | |||||
Kelas | : VIII | |||||
KOMPETENSI INTI (KI) | ||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | ||||||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | ||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | ||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | ||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah | Menyebutkan keunikan teknik dan gaya lagu daerah setempat | Lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | • Mengamati penampilan sekelompok penyanyi yang membawakan lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah | • Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | 15 jp | ||||
4.1. Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Menyusun data lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gaya dan intonasi dialek kedaerahan | Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah | • Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||
Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah | • Menyajikan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah lebih secara berkelompok | ||||
Mempresentasikan hasil diskusi lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk d. Penilaian karya | 3. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | Menjelaskan teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok | ●Lagu daerah dan pembagian suara | Mengamati lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang dinyanyikan dalam dua suara atau lebih | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |
Menyebutkan pembagian suara dalam menyanyi lagu daerah dengan suara dua | Mengidentifikasi teknik pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang diperdengarkan | 15 jp | ||||
- Keunikan Lagu Daerah | Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | |||||
4.2 Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | Memaparkan kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | - Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara | • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |
Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih secara kelompok | Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||
3.3.Memahami teknik memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional | ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara perorangan | Mengamati permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik memainkan alat musik | ||
Menyebutkan jenis-jenis alat musik tradisional | Mengidentifikasi teknik permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan | 15 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||
Menyebutkan fungsi memainkan alat musik tradisional | Mengidentifikasi bagian-bagian tertentu pada alat musik tradisional | |||||
Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional | ||||||
4.3 Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Membuat daftar tentang teknik memainkan berbagai alat musik tradisional secara kelompok | Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan salah satu alat musik tradisional secara kelompok | 3. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||
Memainkan salah satu alat musik tradisional | ||||||
Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara perorangan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | • Mengamati, menyaksikan permainan sekelompok alat musik tradisional | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik bermain ansambel secara kelompok | ||
• Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||
• Berkreasi memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | ||||||
4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok | • Mengeksplorasi bunyi alat musik tradisional secara berkelompok | ||||
• Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok | ||||||
Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian praktik | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||
Mengetahui | ||||||
Untuk mendapatkan file Silabus Seni Budaya ini silahkan Donwload di sini | Kepala SMP N 1 Moga | Moga,13 Juli 2020 | ||||
Guru Mata Pelajaran | ||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | ||||||
NIP1970901 199802 1 002 | Haryanto,S.Pd | |||||
NIP19640504198601 1 003 |
Jumat, 19 Juni 2020
silabus dan kisi-kisi seni budaya kelas 8
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar