RPP untuk IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Musik |
|
Kelas/Semester |
VIII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
6
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah |
4.1.
Menyanyikan lagu-lagu daerah yang
sesuai dengan teknik, gaya, dan
dialektika atau intonasi kedaerahan |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.1.1.Menjelaskan
keunikan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu
daerah |
4.1.1.Menyusun
data lagu-lagu daerah yang sesuai
dengan teknik, gaya, dan dialektika
atau intonasi kedaerahan |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami
teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu
daerah |
|
|
|
|
Model: Discovery
Learning (guided) Produk: Tabel
repertoar lagu daerah Diskripsi: Peserta
didik secara kolaboratif membuat tabel yang berisi repertoar lagu daerah |
Langkah
Pebelajaran 1.
Merumuskan Pertanyaan: Guru menayangkan
video lagu daerah dan menjelaskan konsep
teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu
daerah. Guru memberikan video repertoar lainnya untuk dikaji dan
format tabel yang harus diisi . Peserta
didik dalam kelompok mengobservasi video yang diberikan. 2.
Merencanakan: Peserta didik
membagi pekerjaan untuk mengkaji repertoar dan konsep menyanyi lagu daerah
didampingi guru. 3. Mengumpulkan
dan menganalisis data Peserta didik mencari
informasi atas arahan Guru untuk menganalisis repertoar dan konsep
menyanyanyi lagu daerah berdasarkan video dan menyusunnya dalam tabel yang
telah diberikan. 4. Menarik
kesimpulan Peserta didik
menarik kesimpulan dalam bentuk diskripsi dari tabel yang telah dibuat dengan
bimbingan guru 5. Aplikasi dan
tindak lanjut Guru memilih
salah satu repertoar sesuai tabel dan meminta peseta didik mendemontrasikan
secara kelompok. Peserta didik
mendemontrasikan repertoar dalam bentuk menyanyi lagu daerah secara
perorangan. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *Video
repertoar lagu-lagu daerah *Buku
pelajaran *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: jenis dan bentuk repertoar berdasarkan konsep bernyanyi lagu daerah secara perorangan Produk:
Tabel repertoar lagu daerah (kesesuaian format dan keterbacaan tabel serta
ketepatan memilah repertoar sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah. |
Moga,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Musik |
|
Kelas/Semester |
VIII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
9
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah |
4.1.
Menyanyikan lagu-lagu daerah yang
sesuai dengan teknik, gaya, dan
dialektika atau intonasi kedaerahan |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.1.2.Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah |
4.1.2.Menyanyikan
lagu-lagu daerah yang sesuai dengan
teknik, gaya, dan dialektika atau
intonasi kedaerahan |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami
teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu
daerah |
|
|
|
|
Model: Praktik (praktik
based) Produk: Praktik
menyanyi lagu daerah Diskripsi: Peserta
didik secara kolaboratif menyanyikan berbagai lagu daerah |
Langkah
Pebelajaran 1.
Mengetahui: Guru menjelaskan
tentang teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah serta Guru membuka
forum tanya jawab dalam bentuk diskusi. Peserta
didik memahami penjelasan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah 2.
Melatihkan: Guru melatihkan
teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah Peserta didik memahami
teknik dan gaya menyanyikan lagu-lagu daerah. 3. Membaca dan
memahami: Guru membagikan
partitur lagu – lagu daerah untuk di nyanyikan secara kelompok. Peserta didik
membaca dan memahami notasi lagu- lagu daerah yang diberikan dan
mendiskusikannya dalam kelompok. 4. Menghafal dan
mencoba: Peserta didik mengafal
dan mencoba lagu-lagu yang didampingi guru 5. Memperagakan: Peserta didik
mendemontrasikan menyanyi lagu daerah
secara perorangan difasilitasi oleh Guru 6. Mengevaluasi
peragaan: Peserta didik mengevaluasi dengan
memberikan komentar kepada peserta lain dengan didampingi oleh Guru. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *Partitur
lagu-lagu daerah *Buku
pelajaran *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: Teknik dan gaya bernyanyi
lagu daerah secara perorangan Praktik:
Menyanyi lagu daerah sesuai teknik dan
gaya (kesesuaian pengucapan,artikulasi,intonasi,pernafasan, pembawaan sesuai
dengan konsep menyanyi lagu daerah. |
Moga,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.2.1 dan IPK 4.2.1 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Musik |
|
Kelas/Semester |
VIII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
6
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.2.
Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara
berkelompok |
4.2.
Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.2.1.Menjelaskan
teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok |
4.2.1.Memaparkan
kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau
lebih secara berkelompok |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami
teknik dan gaya menyanyi lagu daerah
dengan suara dua atau lebih |
|
|
|
|
Model: Discovery
Learning (guided) Produk: Tabel
video lagu daerah suara dua Diskripsi: Peserta
didik secara kolaboratif membuat tabel yang berisi video lagu daerah |
Langkah
Pebelajaran 1.
Merumuskan Pertanyaan: Guru menayangkan
video lagu daerah dan menjelaskan konsep
teknik dan gaya menyanyi lagu
daerah dengan suara dua. Guru memberikan video lainnya untuk dikaji dan format tabel yang
harus diisi . Peserta
didik dalam kelompok mengobservasi video yang diberikan. 2.
Merencanakan: Peserta didik
membagi pekerjaan untuk mengkaji video dan konsep menyanyi lagu daerah dengan
suara dua didampingi guru. 3. Mengumpulkan
dan menganalisis data Peserta didik
mencari informasi atas arahan Guru untuk menganalisis video dan konsep
menyanyanyi lagu daerah dengan suara dua berdasarkan video dan menyusunnya
dalam tabel yang telah diberikan. 4. Menarik
kesimpulan Peserta didik
menarik kesimpulan dalam bentuk diskripsi dari tabel yang telah dibuat dengan
bimbingan guru 5. Aplikasi dan
tindak lanjut Guru memilih
salah satu analisa sesuai tabel dan meminta peseta didik mendemontrasikan
secara kelompok. Peserta didik
mendemontrasikan hasil diskusinya dalam bentuk menyanyi lagu daerah secara
perorangan. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *Video
kumpulan lagu-lagu daerah suara dua *Buku
pelajaran *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: jenis, bentuk dan teknik berdasarkan konsep bernyanyi lagu daerah dua suara secara kelompok Produk:
Tabel ciri-ciri video lagu daerah (kesesuaian format dan keterbacaan tabel
serta ketepatan memilah video sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah dua
suara atau lebih. |
Moga,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Musik |
|
Kelas/Semester |
VIII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
9
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah |
4.1.
Menyanyikan lagu-lagu daerah yang
sesuai dengan teknik, gaya, dan
dialektika atau intonasi kedaerahan |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.1.2.Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah |
4.1.2.Menyanyikan lagu-lagu
daerah yang sesuai dengan teknik,
gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami
teknik dan gaya menyanyi lagu daerah
dengan suara dua atau lebih |
|
|
|
|
Model: Praktik (praktik
based) Produk: Praktik
menyanyi lagu daerah suara dua Diskripsi: Peserta
didik secara kolaboratif menyanyikan lagu daerah dengan suara dua |
Langkah
Pebelajaran 1.
Mengetahui: Guru menjelaskan
tentang teknik dan gaya menyanyi lagu
daerah dengan suara dua atau lebih serta Guru membuka forum tanya jawab dalam
bentuk diskusi. Peserta didik memahami
penjelasan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan suara dua atau lebih 2.
Melatihkan: Guru melatihkan
teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan suara dua atau lebih Peserta didik memahami
teknik dan gaya menyanyikan lagu daerah dengan suara dua atau lebih. 3. Membaca dan
memahami: Guru membagikan
partitur lagu daerah dengan suara dua untuk di nyanyikan secara kelompok. Peserta didik
membaca dan memahami notasi lagu daerah dengan suara dua yang diberikan dan
mendiskusikannya dalam kelompok. 4. Menghafal dan
mencoba: Peserta didik mengafal
dan mencoba lagu-lagu dengan didampingi guru 5. Memperagakan: Peserta didik
mendemontrasikan menyanyi lagu daerah dengan
suara dua secara kelompok difasilitasi oleh Guru 6. Mengevaluasi
peragaan: Peserta didik mengevaluasi dengan
memberikan komentar kepada peserta lain dengan didampingi oleh Guru. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *Partitur
lagu-lagu daerah suara dua *Buku
pelajaran *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: Teknik dan gaya bernyanyi
lagu daerah dengan suara dua secara kelompok Praktik:
Menyanyi lagu daerah dengan dua suara sesuai
teknik dan gaya (kesesuaian pengucapan,artikulasi,intonasi,pernafasan,
pembawaan, kekompakan sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah dua suara. |
Moga,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
Untuk mendapatka Dokumen RPP ini bisa di download di sini terimakasih semoga bermanfaat buat teman-teman semua, jangan lupa tinggalkan komentar untuk berbaikan
LEMBAR KERJA SISWA
NAMA KELOMPOK :
NAMA :
KELAS : VIII .....
NOMOR ABSEN :
No. |
Judul Lagu |
Asal Daerah |
Pencipta |
Sebutkan Tanda-Tanda Dalam Lagu |
Sebutkan macam macam Nilai Nada dalam Lagu |
Sebutkan notasi berdasarkan jumlah Ketukannya dalam lagu |
Sebutkan Tanda diam, nilai dan jumlah ketukannya |
Pilih lagu untuk dinyanyikan |
1. |
Apuse |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Bubui Bulan |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Soleram |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Gambang suling |
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Kicir-kicir |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Suwe ora jamu |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar