Jumat, 19 Juni 2020

RPP Seni Musik 8 (1 Halaman )

RPP untuk IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Musik

Kelas/Semester

VIII/Gasal

Alokasi Waktu

6 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

IPK 3

IPK 4

3.1.1.Menjelaskan keunikan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

4.1.1.Menyusun data lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

Materi Pembelajaran

Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

 

 

Model:

Discovery Learning

(guided)

 

Produk:

Tabel repertoar lagu daerah

 

Diskripsi:

Peserta didik secara kolaboratif membuat tabel yang berisi repertoar lagu daerah

Langkah Pebelajaran

 

1. Merumuskan Pertanyaan:

Guru menayangkan video lagu daerah dan menjelaskan konsep  teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah. Guru memberikan video repertoar lainnya untuk dikaji dan format tabel yang harus diisi .

Peserta didik dalam kelompok mengobservasi video yang diberikan.

2. Merencanakan:

Peserta didik membagi pekerjaan untuk mengkaji repertoar dan konsep menyanyi lagu daerah didampingi guru.

3. Mengumpulkan dan menganalisis data

Peserta didik mencari informasi atas arahan Guru untuk menganalisis repertoar dan konsep menyanyanyi lagu daerah berdasarkan video dan menyusunnya dalam tabel yang telah diberikan.

4. Menarik kesimpulan

Peserta didik menarik kesimpulan dalam bentuk diskripsi dari tabel yang telah dibuat dengan bimbingan guru

5. Aplikasi dan tindak lanjut

Guru memilih salah satu repertoar sesuai tabel dan meminta peseta didik mendemontrasikan secara kelompok.

Peserta didik mendemontrasikan repertoar dalam bentuk menyanyi lagu daerah secara perorangan.

 

 

Alat, Bahan, dan Media:

*Video repertoar lagu-lagu daerah

*Buku pelajaran

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: jenis dan bentuk repertoar berdasarkan konsep  bernyanyi lagu daerah secara perorangan

Produk: Tabel repertoar lagu daerah (kesesuaian format dan keterbacaan tabel serta ketepatan memilah repertoar sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah.

 

Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                                                            NIP.19640504 198601 1 003

RPP untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Musik

Kelas/Semester

VIII/Gasal

Alokasi Waktu

9 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

IPK 3

IPK 4

3.1.2.Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

4.1.2.Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

 

Materi Pembelajaran

Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

 

 

Model:

Praktik

(praktik based)

 

Produk:

Praktik menyanyi lagu daerah

 

Diskripsi:

Peserta didik secara kolaboratif menyanyikan berbagai lagu daerah

Langkah Pebelajaran

 

1. Mengetahui:

Guru menjelaskan tentang  teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah serta Guru membuka forum tanya jawab dalam bentuk diskusi.

Peserta didik memahami penjelasan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah  

2. Melatihkan:

Guru melatihkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah

Peserta didik memahami teknik dan gaya menyanyikan lagu-lagu daerah.

3. Membaca dan memahami:

Guru membagikan partitur lagu – lagu daerah untuk di nyanyikan secara kelompok.

Peserta didik membaca dan memahami notasi lagu- lagu daerah yang diberikan dan mendiskusikannya dalam kelompok.

4. Menghafal dan mencoba:

Peserta didik mengafal dan mencoba lagu-lagu yang didampingi guru

5. Memperagakan:

Peserta didik mendemontrasikan  menyanyi lagu daerah secara perorangan difasilitasi oleh Guru

6. Mengevaluasi peragaan:

   Peserta didik mengevaluasi dengan memberikan komentar kepada peserta lain dengan didampingi oleh Guru.

 

 

Alat, Bahan, dan Media:

*Partitur lagu-lagu daerah

*Buku pelajaran

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: Teknik dan gaya  bernyanyi lagu daerah secara perorangan

Praktik: Menyanyi  lagu daerah sesuai teknik dan gaya (kesesuaian pengucapan,artikulasi,intonasi,pernafasan, pembawaan sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah.

 

Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                                                            NIP.19640504 198601 1 003

RPP untuk IPK 3.2.1 dan IPK 4.2.1

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Musik

Kelas/Semester

VIII/Gasal

Alokasi Waktu

6 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.2. Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

4.2. Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

IPK 3

IPK 4

3.2.1.Menjelaskan teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok

4.2.1.Memaparkan kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

Materi Pembelajaran

Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu  daerah dengan suara dua atau lebih

 

 

 

Model:

Discovery Learning

(guided)

 

Produk:

Tabel video lagu daerah suara dua

 

Diskripsi:

Peserta didik secara kolaboratif membuat tabel yang berisi video lagu daerah

Langkah Pebelajaran

 

1. Merumuskan Pertanyaan:

Guru menayangkan video lagu daerah dan menjelaskan konsep  teknik dan gaya menyanyi lagu  daerah dengan suara dua. Guru memberikan video  lainnya untuk dikaji dan format tabel yang harus diisi .

Peserta didik dalam kelompok mengobservasi video yang diberikan.

2. Merencanakan:

Peserta didik membagi pekerjaan untuk mengkaji video dan konsep menyanyi lagu daerah dengan suara dua didampingi guru.

3. Mengumpulkan dan menganalisis data

Peserta didik mencari informasi atas arahan Guru untuk menganalisis video dan konsep menyanyanyi lagu daerah dengan suara dua berdasarkan video dan menyusunnya dalam tabel yang telah diberikan.

4. Menarik kesimpulan

Peserta didik menarik kesimpulan dalam bentuk diskripsi dari tabel yang telah dibuat dengan bimbingan guru

5. Aplikasi dan tindak lanjut

Guru memilih salah satu analisa sesuai tabel dan meminta peseta didik mendemontrasikan secara kelompok.

Peserta didik mendemontrasikan hasil diskusinya dalam bentuk menyanyi lagu daerah secara perorangan.

 

 

Alat, Bahan, dan Media:

*Video kumpulan lagu-lagu daerah suara dua

*Buku pelajaran

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: jenis, bentuk dan teknik  berdasarkan konsep  bernyanyi lagu daerah dua suara secara kelompok

Produk: Tabel ciri-ciri video lagu daerah  (kesesuaian format dan keterbacaan tabel serta ketepatan memilah video sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah dua suara atau lebih.

 

Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                                                            NIP.19640504 198601 1 003

RPP untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Musik

Kelas/Semester

VIII/Gasal

Alokasi Waktu

9 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

IPK 3

IPK 4

3.1.2.Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah

 

4.1.2.Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan

 

Materi Pembelajaran

Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu  daerah dengan suara dua atau lebih

 

 

 

Model:

Praktik

(praktik based)

 

Produk:

Praktik menyanyi lagu daerah suara dua

 

Diskripsi:

Peserta didik secara kolaboratif menyanyikan  lagu daerah dengan suara dua

Langkah Pebelajaran

 

1. Mengetahui:

Guru menjelaskan tentang  teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan suara dua atau lebih serta Guru membuka forum tanya jawab dalam bentuk diskusi.

Peserta didik memahami penjelasan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan    suara dua atau lebih

2. Melatihkan:

Guru melatihkan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan suara dua atau lebih

Peserta didik memahami teknik dan gaya menyanyikan lagu daerah dengan suara dua atau lebih.

3. Membaca dan memahami:

Guru membagikan partitur lagu daerah dengan suara dua untuk di nyanyikan secara kelompok.

Peserta didik membaca dan memahami notasi lagu daerah dengan suara dua yang diberikan dan mendiskusikannya dalam kelompok.

4. Menghafal dan mencoba:

Peserta didik mengafal dan mencoba lagu-lagu dengan didampingi guru

5. Memperagakan:

Peserta didik mendemontrasikan  menyanyi lagu daerah dengan suara dua secara kelompok difasilitasi oleh Guru

6. Mengevaluasi peragaan:

   Peserta didik mengevaluasi dengan memberikan komentar kepada peserta lain dengan didampingi oleh Guru.

 

 

Alat, Bahan, dan Media:

*Partitur lagu-lagu daerah suara dua

*Buku pelajaran

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: Teknik dan gaya  bernyanyi lagu daerah dengan suara dua secara kelompok

Praktik: Menyanyi  lagu daerah dengan dua suara sesuai teknik dan gaya (kesesuaian pengucapan,artikulasi,intonasi,pernafasan, pembawaan, kekompakan sesuai dengan konsep menyanyi lagu daerah dua suara.

Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                                                            NIP.19640504 198601 1 003

Untuk mendapatka Dokumen RPP ini bisa di download di sini  terimakasih semoga bermanfaat buat teman-teman semua, jangan lupa tinggalkan komentar untuk berbaikan 


LEMBAR KERJA SISWA

NAMA KELOMPOK               :

NAMA                                     :

KELAS                                    : VIII .....

NOMOR ABSEN                     :

 

No.

Judul Lagu

Asal Daerah

Pencipta

Sebutkan Tanda-Tanda Dalam Lagu

Sebutkan macam macam Nilai Nada dalam Lagu

Sebutkan notasi berdasarkan jumlah Ketukannya  dalam lagu

Sebutkan Tanda diam, nilai  dan jumlah ketukannya

Pilih lagu untuk dinyanyikan

1.        

Apuse

 

 

 

 

 

 

 

2.        

Bubui Bulan

 

 

 

 

 

 

 

3.        

Soleram

 

 

 

 

 

 

 

4.        

Gambang suling

 

 

 

 

 

 

 

5.        

Kicir-kicir

 

 

 

 

 

 

 

6.        

Suwe ora jamu

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                               

 


 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar