Sabtu, 30 Mei 2020

Mari Bernyanyi

Bernyanyi dengan banyak suara atau vokal grup harus memperhatikan harmoni atau keselarasan. Sebagai latihan, bernyanyi dengan banyak suara dapat dilakukan dengan berbagai teknik, di antaranya akapela, kanon, dan vokal grup atau paduan suara.

1.Bernyanyi dengan Teknik Akapela

Akapela adalah bernyanyi dengan banyak suara tanpa iringan instrumen musik. Meskipun demikian, di antara para vokalis tersebut ada yang bertugas menyuarakan nada-nada melodis dan ada yang menyuarakan nada-nada ritmis dan harmonis. Vokal melodis adalah vokal yang memainkan melodi lagu dan mengucapkan liriknya, sedangkan vokal ritmis dan harmonis adalah vokal yang memainkan irama. Vokal yang memainkan nada-nada ritmis. Misalnya mengucapkan bunyi-bunyi seperti suara drum, tamborin, atau gendang.

2.Bernyanyi dengan Teknik Kanon

Bernyanyi dengan teknik kanon adalah bernyanyi susul-menyusul. Dalam teknik ini, terdapat dua kelompok yang akan menyanyikan bait lagu dengan cara susul-menyusul. Misalnya, dalam kelas yang terbagi dalam dua kelompok, mereka akan membawakan lagu "Burung Hantu" dengan teknik berikut ini.

Kelompok 1: Matahari terbenam hari mulai malam

Kelompok 2: Matahari terbenam hari mulai malam

Kelompok 1: terdengar burung hantu suaranya merdu

Kelompok 2: terdengar burung hantu suaranya merdu

Kelompok 1: ku ku ku ku ku ku ku ku ku ku

Kelompok 2: ku ku ku ku ku ku ku ku ku ku

3.Bernyanyi dengan Vokal Grup dan Paduan Suara

Jika disajikan dalam bentuk solo dan unisono, sebuah lagu dapat dibawakan dengan satu suara dengan diiringi instrumen tanpa perlu penggarapan lebih lanjut. Akan tetapi, jika lagu tersebut disajikan dalam bentuk yang lain seperti duet, trio, kuartet, vokal grup, atau paduan suara, tentu diperlukan penggarapan berupa aransir untuk menciptakan harmoni yang indah. Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang interval dan akor.

Dalam paduan suara, kita mengenal paduan suara dengan jenis vokal yang sama (vokal anak-anak semua, vokal perempuan dewasa semua, atau vokal laki-laki dewasa semua), dan ada pula paduan suara dengan jenis vokal campuran (anak-anak dan dewasa, laki-laki dan perempuan). Oleh karena itu, untuk mengaransir lagu keperluan paduan suara, jenis vokal sangat perlu mendapat perhatian. Tujuannya adalah supaya nada-nada yang digunakan sesuai dengan jangkauan nada penyanyinya.

JENIS SUARA MANUSIA

Pembagian jenis suara manusia ditentukan berdasarkan jangkauan nada yang mampu dicapai. Ada orang yang dapat mencapai nada-nada tinggi, tetapi ada pula yang hanya mampu menjangkau nada-nada rendah sampai sedang. Kemampuan manusia menjangkau nada-nada itu disebut sebagai ambitus.

Ambitus anak-anak dan orang dewasa berbeda sehingga suara anak-anak juga berbeda dengan suara orang dewasa. Berikut pembagian jenis suara manusia berdasarkan ambitusnya.

1. Anak-anak, Suara anak-anak dibedakan menjadi dua, yaitu suara tinggi dan suara rendah.

2. Dewasa, Suara orang dewasa dibedakan menurut jenis kelaminnya. Suara perempuan dibedakan menjadi tiga macam, yakni sebagai berikut.

a. Sopran (tinggi),Suara sopran adalah jenis suara wanita dengan ambitus tinggi. Suara sopran mampu menjangkau antara nada C4 sampai G5.

b. Mezosopran (sedang),Suara mezosopran adalah jenis suara wanita dengan ambitus sedang. Jangkauan nada suara mezosopran berada antara suara alto dan sopran, yaitu antara A3 sampai A5.

c. Alto (rendah),Suara alto merupakan jenis suara wanita dengan ambitus rendah. Jenis suara ini hanya mampu menjangkau nada F sampai D2.

Suara orang dewasa pria dibedakan menjadi tiga macam juga, yaitu sebagai berikut.

a. Tenor (tinggi)

Suara tenor adalah suara pria dewasa dengan rentang ambitus yang paling tinggi. Nada yang mampu dicapai oleh penyanyi tenor adalah B sampai G1.

b. Bariton (sedang), Suara bariton adalah jenis suara pria dewasa yang rentang ambitusnya antara nada A hingga F1.

c.  Bas (rendah),Suara bas adalah suara pria dewasa dengan rentang ambitus rendah. Suara bas mampu menjangkau rentang nada antara E dan C1.

Dalam paduan suara, susunan suara ditentukan dengan memperhatikan harmoni yang diharapkan.

2 komentar: