RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP N. 1 Moga Pemalang
Mapel : Seni Budaya
Kelas/Smt : IX/Ganjil
Materi Pokok : Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal.
Alokasi Waktu : 5 X pertemuan ( 15 Jam Pelajaran )
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam angkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
|
3.1.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 3.1.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi harmonis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 3.1.3. Memahami prosedur pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 3.1.4. Mendeskripsikan macam-macam ornamentasi dalam bentuk vokal
|
4.1. Mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vocal solo/tunggal |
4.2.1 Mengembangkan ornamentasi ritmis lagu dalam bentuk vocal solo/tunggal
4.2.2 Mengembangkan ornamentasi melodis lagu dalam bentuk vocal solo/tunggal
|
C. TUJUAN PELAJARAN
3.1. Mendeskripsikan ornamentasi melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
3.2. Mendeskripsikan ornamentasi harmonis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
3.3. Mendeskripsikan Pengertian Ornamentasi Melodis dan Ritmis
3.4. Memahami prosedur pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
3.5. Mendeskripsikan macam-macam ornamentasi dalam bentuk vokal
4.1 Mengembangkan ornamentasi ritmis lagu dalam bentuk vocal solo/tunggal
4.2. Mengembangkan ornamentasi melodis lagu dalam bentuk vocal solo/tunggal
Karakter yang diharapkan, Tanggungjawab, jujur dan disiplin
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi Reguler.
A. Ornamentasi Melodis dan Ritmis Dalam Bentuk Vokal Solo, kategori ornamentasi vokal dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Distorsi
b. Vibrato
c. Tremolo
d. Echo
e. Kopstem /falsetto
2. Alat Musik Ritmis dan Melodis
3. Macam-macam Ornamentasi Melodis dan Ritmis Dalam Lagu
Materi Pengayaan
a. Tremolo
b. Echo
c. Kopstem /falsetto
Materi Remidial
a. Distorsi
b. Vibrato
E.METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan:
Scientific Approch
Metode :
Discoveri
Project Based Learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
· Buku teks : Eko purnomo, dkk, seni budaya kelas 9, kemendikbud 2013-10-25
· Buku teks yang sesui dengan pokok bahasan
· Video/VCD
· LCD, Video Paduan suara campuran dan Unisono
G. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
1) memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2) meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3) mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara bersama-sama.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapaidan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Peserta didik menyaksikan pemodelan guru menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyi serta teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara solo dengan teknik dasar yang baik dan benar, misalnya: Apa saja judul ornamentasi melodis dan ritmis yang dinyanyikan? Bagaimana teknik yang baik dan benar dalam menyanyikan ?
3) Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik membaca Buku Siswa tentang teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dan sumber-sumber yang lain untuk menemukanmacam-macam irama ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar.
4) Menalar/Mengasosiasi
Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan tentang macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, Teknik dan gaya menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, Gaya individual, dan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara kelompok kemudian dilanjutkan peserta didik merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuat secara kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2) Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3) Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
- Pertemuan Kedua : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
2) memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
3) meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
4) mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara solo dengan cara menyanyikan kembali lagu-ornamentasi melodis dan ritmis secara bersama-sama.
5) menyampaikan kompetensi yang akan dicapaidan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
7) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. KegiatanInti (100 menit)
1) Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Peserta didik menyaksikan pemodelan guru menyanyikan lagu dengan dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis Indonesia, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyi serta teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara solo dengan teknik dasar yang baik dan benar, misalnya: Apa saja ornamentasi melodis dan ritmis yang dinyanyikan? Bagaimana teknik yang baik dan benar dalam menyanyikan musik populer?
3) Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik membaca Buku Siswa tentang teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan macam-macam irama ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dengan baik dan benar.
4) Menalar/Mengasosiasi
a) Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan tentang macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara kelompok.
b) Peserta didik merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuat secara kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
c. Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
d. Peserta didik:
(a)mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedial atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e. Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
- Pertemuan Ketiga: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
1) memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2) meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3) mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara dengan cara menyanyikan kembali lagu ornamentasi melodis dan ritmis secara bersama-sama.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapaidan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
- KegiatanInti (100 menit)
1) Mengamati
c) Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
d) Peserta didik menyaksikan pemodelan guru yang musik dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2) Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyi serta teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar, misalnya: Apa saja judul ornamentasi melodis dan ritmis yang dinyanyikan
3) Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik membaca Buku Siswa tentang teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan macam-macam irama ornamentasi melodis dan ritmis Indonesia, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar.
4) Menalar/Mengasosiasi
a) Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan tentang macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara kelompok.
b) Peserta didik merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5) Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuatsecara kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
f. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2) Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing; dan
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
(d) Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
5. Pertemuan Keempat: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
1) memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2) meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan dan buku siswa untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3) mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara individual.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapaidan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Mengamati
a) Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar.
b) Peserta didik menyaksikan pemodelan guru menyanyikan lagu dengan dengan teknik dasar yang baik dan benar.
2. Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyi serta teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar, misalnya: Apa saja ornamentasi melodis dan ritmis yang dinyanyikan dengan cara akapela, nasyid, atau ? Bagaimana teknik yang baik dan benar dalam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis secara tunggal?
3. Mengumpulkan Informasi/Data/Mencoba
Peserta didik membaca Buku Siswa tentang teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan macam-macam irama ornamentasi melodis dan ritmis Indonesia, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar.
4. Menalar/Mengasosiasi
c) Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan tentang macam-macam menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis Indonesia, jenis-jenis menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar dengan menggunakan informasi/data yang diperoleh secara kelompok.
d) Peserta didik merumuskan kesimpulan secara kelompok.
5. Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan jawaban/kesimpulan yang telah dibuatsecara kelompok.
b) Peserta didik menerima umpan balik dari guru dan/atau teman sekelas.
- Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
b. Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
c. Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
- Pertemuan Kelima: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1) memimpin berdoa bersama dan dilanjutkan presensi.
2) meminta peserta didik mempersiapkan buku catatan,buku siswa, dan musik untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
3) mengecek penguasaan kompetensi peserta didik yang sudah dipelajari sebelumnya,yaitu tentang teknik dasar musik dengan cara meminta peserta didik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis tersebut secara bersama-sama.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
5) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan
6) menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Mengamati
Peserta didik menyaksikan video tentang teknik menyanyikan lagu dengan teknik dasar dengan menggunakan irngan ornamentasi melodis dan ritmis yang baik dan benar untuk mengiringi lagu daerah .
2) Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait teknik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dan untuk mengiringi lagu secara kelompok.
3) Mengumpulkan Informasi
Peserta didik mencoba menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis tertentu untuk mengiringi lagu daerah secara kelompok.
4) Mengasosiasi
Peserta didik berlatih menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok untuk mengiringi sebuah lagu daerah .
5) Mengomunikasikan
Peserta didik menampilkan sebuah lagu dengan iringan ornamentasi melodis dan ritmis dengan teknik dasar yang baik dan benar secara kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1). Peserta didik (dengan atau tanpa bantuan guru):
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran.
2). Peserta didik:
(a) mengikuti penilaian;
(b) mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar masing-masing
(c) mencatat kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
3). Peserta didik berdoa dan mengucapkan salam.
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Pengetahuan: Penugasan
b. Penilaian Keterampilan: Tes Penampilan (Praktik)
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Lembar Penilaian Produk (lampiran 3)
b. Lembar Penilaian Penampilan Musik
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan teknik penugasan untuk latihan menyanyikankan secara kelompok (mandiri) dan diakhiri dengan tes penampilan.
Mengetahui Moga,15 Juli 2019
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
LAMPIRAN:
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian pengetahuan ini berupa soal uraian objektif.
2. Instrumen ini digunakan untuk ulangan harian.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar |
: |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
|
Indikator Pengetahuan |
: |
1.Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 2.Memahami teknik pengembangan ornamentasi harmonis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 3.Memahami prosedur pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal 4.Mendeskripsikan macam-macam ornamentasi dalam bentuk vokal
|
C. Kisi-kisi dan Soal
No |
Indikator |
Nomor Butir |
3.1.1 |
Mengidentifikasi pengertian |
1-5 |
3.1.2 |
Mengidentifikasi unsur-unsur dan kaidah-kaidah |
6,7 |
3.1.3 |
Mengidentifikasi teknik dan prosedur |
8,9,10 |
Jumlah |
10 |
Soal
A. Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang dianggap paling benar!
1. Karya musik yang dilantunkan dengan vocal disebut....
a. ornamentasi c.lagu
b. Musik vokal d.ritme
2. Cara bernyanyi mendesah disebut....
a. echo c.distorsi
b. tremolo d.falsetto
3. Berikut yang bukan termasuk kategori ornamentasi vokal adalah....
a. tremolo c.tembolo
b. echo d.distorsi
4. Vokal yang lembut dan serak disebut....
a. echo c.distorsi
b. tremolo d.soft distorsi
5. Berikut yang bukan alat musik melodis adalah....
a. gendang c.gitar
b. drum d.kastanyet
6. Kastanyet biasa digunakan untuk mengiringi tarian yang berasal dari negara....
a. Indonesia c.Spanyol
b. Malaysia d.Amerika
7. Alat musik yang ada di gamelan Jawa Tengah yaitu....
a. gitar c.piano
b. gendang d.kastanyet
8. Berikut alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan adalah....
a. tamborin c.kastanyet
b. drum d.triangle
9. Harmonika adalah alat musik yang memainkannya dengan cara....
a. dipukul c.ditiup
b. dipetik d.ditekan
10. Sebutan lain dari biola adalah....
a. harpa c.harmonika
b. fiddle d.kastanyet
a. Kunci jawaban dan penyekoran:
No, Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
1 |
|
10 |
2 |
|
10 |
3 |
|
10 |
4 |
|
10 |
5 |
|
10 |
6 |
|
10 |
7 |
|
10 |
8 |
|
10 |
9 |
|
10 |
10 |
|
10 |
Jumlah |
100 |
b. Nilai pengetahuan peserta didik ditentukan dengan rumus berikut:
Nilai = |
Skor yang diperoleh |
X 10 |
10 |
c. Nilai pengetahuan peserta didik dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan berikut:
Pengetahuan |
|
Skor |
Huruf |
86 - 100 |
A |
71 - 85 |
B |
55 - 70 |
C |
0 - 54 |
D |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian keterampilan berupa soal praktik:
a. Pertemuan kedua: Menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis melodi
b. Pertemuan ketiga: Menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis ritmis
c. Pertemuan keempat: Menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
2. Penyekoran hasil penilaian dilakukan guru berdasarkan rubrik.
B. Kompetensi Dasar, Indikator, dan Instrumen
Kompetensi Dasar |
: |
4.1 Mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal |
Indikator |
: |
1. Menampilkan pertunjukan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal |
|
|
|
Instrumen |
: |
|
Tugas praktik menyanyikan musik populer melodis
1. Buatlah dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : lagu popular bebas
Bahan/alat : keyboard dan gitar
Waktu : 60 Menit
Tugas praktik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis
2. Buatlah dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : lagu popular daerah
Bahan/alat : MP3, keyboard, dan gitar
Waktu : 60 Menit
Tugas praktik menyanyikan ornamentasi melodis dan ritmis
3. Buatlah dengan ketentuan sebagai berikut:
Objek : lagu wajib Nasional
Bahan/alat : midi, keyboard, dan gitar
Waktu : 60 Menit
Lembar Penilaian
No. |
Nama Siswa |
Skor |
Jumlah Skor |
||||
melodis |
Ritmis |
harmonis |
ekspresi |
Dinamik |
|||
1. |
Toha |
|
|
|
|
|
|
2. |
Khamim |
|
|
|
|
|
|
3. |
Haryanto |
|
|
|
|
|
|
.. |
Sugeng |
|
|
|
|
|
|
C. Rubrik dan Konversi Nilai
Rubrik Penilaian
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1 |
Melodis |
Ketepatan nada melodis |
4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang |
2 |
Ritmis |
Tepatan ketukan |
|
3 |
Harmonis |
Keseimbangan |
|
4 |
Ekspresi |
Pembawaan |
|
5 |
Dinamika |
Keras dan lemah tanda |
1. Nilai keterampilan peserta didik ditentukan dengan rumus berikut:
Nilai = |
Skor yang diperoleh |
X 4 |
20 |
2. Nilai keterampilan peserta didik dikonversikan ke dalam nilai huruf dengan acuan berikut:
Pengetahuan |
|
Skor |
Huruf |
86 - 100 |
A |
71 - 85 |
B |
55 - 70 |
C |
0 - 54 |
D |
Lampiran Materi Pelajaran
A. Ornamentasi Melodis dan Ritmis Dalam Bentuk Vokal Solo
Musik adalah salah satu sarana hiburan yang umumnya sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat dari zaman dulu bahkan sampai sekarang. Musik tentunya tidak terlepasnya dari ornamentasi beserta alat musiknya.
1. Pengertian Ornamentasi Melodis dan Ritmis
Ornamentasi merupakan nada hias yang menjadi usaha untuk memasukkan rasa dalam permainan musik. Khusus dalam vocal yang lazim dikatagorikan sebagai ornamen, yaitu improvisasi atau hiasan yang dilakukan secara mendadak dan impromptu atau hiasan yang direncanakan. Ornamentasi pada dasarnya bertujuan membuat lagu menjadi lebih hangat dan lebih kaya nuansa. Ornamentasi tidak akan bermakna apapun apabila dilakukan tidak dengan sepenuh jiwa. Adapun kategori ornamentasi vokal dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Distorsi
Distorsi adalah vokal suara yang dibuat dengan kesan kasar seperti penyanyi rock, sedangkan soft distorsi merupakan vokal yang lembut dan serak.
b. Vibrato
Vibrato adalah gelombang vokal lembut yang mendalam, dan banyak dilakukan hampir semua penyanyi pop.
c. Tremolo
Tremolo adalah getaran vocal yang lebih rapat seperti yang banyak dilakukan para penyanyi seriosa.
d. Echo
Echo adalah cara bernyanyi mendesah, hal ini sering digunakan oleh para penyanyi yang kurang memiliki potensi mengalunkan gelombang vibrato atau tremolo.
e. Kopstem /falsetto
Kopstem /falsetto adalah suara palsu yang ditujukan bagi pria dan dapat dimanfaatkan sebagai ornamen. Sedangkan melodi adalah rangkaian dari beberapa nada atau sejumlah nada yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ornamentasi melodis yaitu rangkaian dari beberapa nada hias atau sejumlah nada hias yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan untuk memasukkan rasa dalam permainan musik. Selain ornamentasi melodis adapul ornamentasi ritmis yang berarti rangkaian dari beberapa irama atau sejumlah nada hias yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan untuk memasukkan irama dalam permainan musik.
2. Alat Musik Ritmis dan Melodis
Dalam membuat ornamentasi, diperlukan alat musik yang mendukung dan sesuai dengan ornamentasi yang hendak dibuat. Berikut akan dijelaskan tentang alat musik melodis dan ritmis beserta contoh alat musiknya.
a. Alat musik ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi memainkan ritmis/irama sebagai pengiring dan menjadi penjaga tempo atau ketukan. Alat musik ritmis berfungsi untuk mengatur jalannya irama musik sehingga lagunya menjadi lebih enak didengar. Alat musik ritmis ini sering digunakan untuk alat musik pengiring dan pengatur tempo lagu. Cara memainkan alat musik ritmis dapat dilakukan dengan cara dipukul menggunakan tangan, dengan alat, atau juga bisa dikocok. Adapun contoh alat-alat musik ritmis yaitu sebagai
1) Gendang
Gendang atau kendang merupakan alat musik yang ada di gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur irama musik yang sedang dimainkan. Cara memainkan alat musik gendang yaitu dengan dipukul menggunakan tangan di kedua sisinya. Ada jenis gendang yang ukurannya kecil yang disebut dengan ketipung. Gendang kebanyakan dimainkan oleh pemain gamelan yang sudah profesional. Gendang kebanyakan dimainkan sesuai dengan naluri seorang pengendang. Sehingga, jika orang yang memainkannya berbeda, maka akan berbeda juga suasananya. Gendang dengan kualitas yang baik biasanya terbuat dari kayu kelapa, nangka atau cempedak.
2) Drum
Drum adalah alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan tangan atau sebuah tongkat (stick). Dalam musik jazz, pop dan rock, penyebutan alat musik drum mengacu pada drum kit atau drum set. Drum set merupakan sekelompok peralatan musik yang terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom, simbal, hi-hat dan drum listrik.
3) Kastanyet
Kastanyet adalah alat musik yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras cekung atau gading. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menggesek-gesekkannya dengan ibu jari. Kastanyet biasa digunakan untuk mengiringi tarian yang berasal dari Spanyol.
4) Tamborin
Tamborin merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan dan digoyangkan. Tamborin akan menghasilkan suara gemerincing ketika digoyangkan dan akan berpadu dengan suara tabuhan ketika dipukul. Tamborin dibuat dari kayu yang dilengkapi dengan membran yang terbuat dari kulit sapi atau bisa juga dari plastik. Bagian sisi tamborin terdapat beberapa simbal logam kecil yang akan mengeluarkan bunyi gemerincing.
5) Triangle
Triangle adalah sebuah alat musik yang bentuknya sangat sederhana. Triangle berbentuk segitiga dan termasuk kategori alat musik perkusi idiofoni (suara dihasilan dari getaran seluruh badan instrumen). Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Memukul triangle pun haru menggunakan teknik. Triangle dipukul pada sisi luar ketika kita memainkan musik biasa.Tetapi, jika irama musik membutuhkan perubahan yang cepat, maka pukulan harus dilakukan pada sisi dalam dan berikut.
3. Macam-macam Ornamentasi Melodis dan Ritmis Dalam Lagu
Sejumlah ornamen ditandai dengan simbol standar dalam notasi musik, sementara ornamen lain dapat ditambahkan ke staf di not kecil, atau hanya ditulis secara normal. Adapun macam-macam ornamentasi dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Trill
Trill merupakan pergantian yang cepat antara not dasar dan satu not di atas. Pada musik lama, trill dimainkan dengan memulai not di atas not yang mendapat tanda trill. Namun, pada musik modern trill biasanya dimainkan dengan memulai pada not yang mendapat tanda trill. Berikut ini contoh tanda trill dan cara memainkannya.
b. Morden
Morden terdiri atas not dasar dengan not di atas atau not di bawah, dan not dasarlagi. Dua not permulaan dimainkan secepat mungkin. Kecepatan memainkan morden sama seperti dengan trill. Kecepatan yang dilakukan akan bervariasi sesuai dengan tempo lagu yang dimainkan. Tanda morden ada 2 macam yaitu morden langsung dan morden inversi. Berikut ini contoh tanda morden dan cara memainkannya.
c. Turn atau Grupeto
Turn disebut juga grupeto terdiri atas not dasar, not di atas not dasar dan not dibawahnya. Not di atas not dasar, biasanya adalah not dalam rangkaian tangga nada.Demikian pula not di bawah not dasar adalah not dalam rangkaian tangga nada. Tanda grupeto yang berada tepat di atas not, dimainkan secepat mungkin yang dimulai pada not dasar. Sedangkan turn yang ditulis sesudah not, dimainkan secepat mungkin sesudah not dasar. Berikut ini contoh tanda turn/grupeto dan cara memainkannya.
d. Appoggiatura
Appoggiatura pada hakekatnya adalah not dasar. Appoggiatura muncul dalam bentuk not yang bentuknya lebih kecil dari not dasar dan umumnya mendapat sebuah aksen. Nilai not appoggiatura adalah separuh dari not dasar. Berikut ini contoh tanda appoggiatura dan cara memainkannya. Cara Memainkan
e. Aciakatura
Aciakatura ditulis seperti appoggiatura namun diberi tambahan garis kecil menyilang pada tangkai notnya. Aciakatura biasanya akan dimainkan cepat (1/32). Berikut ini contoh tanda aciakatura dan cara memainkannya. Cara Memainkan
f. Kadenza
Kadenza adalah bagian karya musik yang disusun secara ornamental (penuh dengan hiasan yang gemilang). Kadenza biasanya muncul pada bagian akhir komposisi (mendekati akhir komposisi). Kadenza adalah bagian improvisasi bebas dan memberi kesempatan kepada pemain untuk menunjukkan serta memperdengarkan teknik yang dimiliki. Berikut ini contoh kadenza pada komposisi Piano Concert in Bb Major, firstmovement Karya Mozart.
Mau menggunakan file RPP SENI MUSIK KELAS 9 SEMESTER GANJIL BISA DONWLOAN DI SINI , di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar