Kamis, 25 Juni 2020

RPP Seni rupa kelas 7 satu halaman

Rencana Proses Pembelajaran seni rupa kelas 7 semester Ganjil ini tolong di sempurnakan, yang membutuhkan silahkan doanload, semoga bermanfaat.


RPP untuk IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Rupa

Kelas/Semester

VII/Gasal

Alokasi Waktu

3 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

4.1.   Menggambar flora, fauna, dan alam benda

IPK 3

IPK 4

3.1.1. Menjelaskan unsur, teknik dan prosedur  menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

4.1.1. Menggambar sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil

Materi Pembelajaran

Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

 

 

 

Model:

Saintifik

Produk:

Gambar sketsa menggambar flora, fauna dan alam benda.

Diskripsi:

Peserta didik secara mandiri membuat sebuah lukisan sketsa dengan konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan

Langkah Pebelajaran 

1. Mengamati:

Guru menayangkan  gambar-gambar dan menjelaskan konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan.

Peserta didik mempelajari gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan.

2. Menanya:

Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan, contoh-contoh karya  dan penerapannya dengan berbagai teknik dan bahan didampingi guru.


3. Mencoba

Peserta didik membuat sketsa penerapan berbagai macam bahan dan teknik untuk menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan yang didampingi Guru.


4. Menalar/mengasosiasi

Peserta didik melaksanakan finishing pembuatan sketsa dengan menerapkan unsur,prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan dengan bimbingan guru


5. Menkomunikasikan

Peseta didik mempresentasikan hasil karya lukisan sketsanya dengan menerapkan konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda  di depan kelas dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi.

Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan sketsa menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan.

 

 

Alat, Bahan, dan Media:

*LCD, Laptop

*Contoh gambar flora, fauna dan alam benda.

*Buku pelajaran

*Bahan praktik: kertas

*Alat tulis : pensil 2 b

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan

Produk: Hasil karya gambar sketsa meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi serta keindahan karya

                                                                                      Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

 Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                            NIP.19640504 198601 1 003


RPP untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Rupa

Kelas/Semester

VII/Gasal

Alokasi Waktu

9 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

4.1.   Menggambar flora, fauna, dan alam benda

IPK 3

IPK 4

3.1.2. Menyebutkan unsur, teknik dan prosedur  menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

4.1.2. Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon,pastel,cat air

Materi Pembelajaran

Pembuatan gambar dengan menerapkan unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

 

 

 

Model:

Saintifik

Produk:

Gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Diskripsi:

Peserta didik secara mandiri membuat gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Langkah Pebelajaran

1. Mengamati:

Guru menayangkan  suatu benda dan menjelaskan konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan Peserta didik mempelajari benda yang disiapkan  dan mempelajari berbagai macam pandangan untuk mempelajarai konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

2. Menanya:

Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar model, melalui contoh yang disiapkan  dan penerapan menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan didampingi guru.


3. Mencoba

Peserta didik membuat sketsa penerapan berbagai macam bahan dan teknik untuk menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan sampai tahap pewarnaan yang didampingi Guru.


4. Menalar/mengasosiasi

Peserta didik melaksanakan finishing pembuatan sketsa gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan bimbingan guru


5. Menkomunikasikan

Peseta didik mempresentasikan hasil karya gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar  didepan kelas dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi.

Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.

 

Alat, Bahan, dan Media:

*LCD, Laptop

*Contoh gambar gubahan flora, fauna dan alam benda.

*Buku pelajaran

*Bahan praktik: krayon, pulas, cat air

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: unsur, teknik dan prosedur  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Produk: Hasil karya sketsa meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi serta keindahan karya

                                                                                      Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                            NIP.19640504 198601 1 003


RPP untuk IPK 3.2.1 dan IPK 4.2.1

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Rupa

Kelas/Semester

VII/Gasal

Alokasi Waktu

3 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.2. Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

4.2. Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

IPK 3

IPK 4

3.2.1. Mengidentifikasi prinsip  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

4.2.1. Menggambar sketsa gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Materi Pembelajaran

Memahami unsur mengambar ilustrasi dengan teknik manual dan digital.

 

 

 

Model:

Saintifik

Produk:

Gambar sketsa gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Diskripsi:

Peserta didik secara mandiri membuat lukisan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Langkah Pebelajaran

1. Mengamati:

Guru menayangkan  gambar-gambar dan menjelaskan konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Peserta didik mempelajari gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

2. Menanya:

Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dan penerapan serta berbagai manfaat gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias didampingi guru.


3. Mencoba

Peserta didik membuat sketsa penerapan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias yang didampingi Guru.


4. Menalar/mengasosiasi

Peserta didik melaksanakan finishing pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan bimbingan guru

5. Menkomunikasikan

Peseta didik mempresentasikan hasil karya sketsa ragam hias dengan menerapkan konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar ragam hias didepan kelas dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi.

Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.

Alat, Bahan, dan Media:

*LCD, Laptop

*Contoh gambar ragam hias

*Buku pelajaran

*Bahan praktik: krayon, pulas, cat air

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar ilustrasi manual dan digital.

Produk: Hasil karya gambar ilustrasi manual meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi serta keindahan karya sesuai dengan temanya.

 

                                                                                      Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                            NIP.19640504 198601 1 003

 

RPP untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2

Mata Pelajran

Seni Budaya- Seni Rupa

Kelas/Semester

VII/Gasal

Alokasi Waktu

9 JP

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.2. Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

4.2. Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

IPK 3

IPK 4

3.2.2. Mengidentifikasi prosedur  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

4.2.2. Menggambar  dan mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas

Materi Pembelajaran

Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

 

 

 

Model:

Saintifik

 

Produk:

Gambar  gubahan flora,fauna menjadi ragam hias.

 

Diskripsi:

Peserta didik secara mandiri membuat sebuah lukisan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Langkah Pebelajaran

1. Mengamati:

Guru menayangkan  gambar-gambar dan menjelaskan konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Peserta didik mempelajari gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep  unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

2. Menanya:

Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias, contoh-contoh karya  dan penerapan menggambarnya dengan berbagai manfaat  didampingi guru.


3. Mencoba

Peserta didik membuat sketsa sampai finishing gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias yang didampingi Guru.


4. Menalar/mengasosiasi

Peserta didik melaksanakan finishing pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias  dengan menerapkan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan bimbingan guru


5. Menkomunikasikan

Peseta didik mempresentasikan hasil karya gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan konsep menggambar di depan kelas dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi.

Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Alat, Bahan, dan Media:

*LCD, Laptop

*Contoh gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

*Buku pelajaran

*Bahan praktik: kertas

*Alat tulis

 

 

Asesmen:

Tes tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias.

Produk: Hasil karya ragam hias meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi serta keindahan karya sesuai dengan temanya.

                                                                                      Moga, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Moga                                             Guru Bidang Study Seni Budaya

 

Slamet Ruslani,S.Pd,M.Pd.                                                Haryanto,S.Pd

NIP.19700901 199802 1 002                                            NIP.19640504 198601 1 003

untuk mendapatkan file RPP ini silahkan DOWNLOAD DI SINIhttps://drive.google.com/file/d/1T2IrrgAJdZAmLTFqLpgwCTmvzeGbE0yX/view?usp=sharing

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar