RPP
untuk IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Rupa |
|
Kelas/Semester |
VII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
3
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1.
Memahami unsur,
prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan
berbagai bahan
|
4.1.
Menggambar flora, fauna, dan alam
benda |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.1.1.
Menjelaskan
unsur, teknik dan prosedur menggambar
flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
4.1.1.
Menggambar
sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur
menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
|
|
|
|
Model: Saintifik Produk: Gambar sketsa menggambar flora, fauna dan alam benda. Diskripsi: Peserta
didik secara mandiri membuat sebuah lukisan sketsa dengan konsep unsur, prinsip,
teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai
bahan |
Langkah Pebelajaran 1.
Mengamati: Guru
menayangkan gambar-gambar dan
menjelaskan konsep unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan. Peserta didik mempelajari gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan. 2.
Menanya: Peserta didik secara
berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar flora, fauna dan alam
benda dari berbagai bahan, contoh-contoh karya dan penerapannya dengan berbagai teknik dan
bahan didampingi guru. 3. Mencoba Peserta didik membuat
sketsa penerapan berbagai macam bahan dan teknik untuk menggambar flora,
fauna dan alam benda dari berbagai bahan yang didampingi Guru. 4. Menalar/mengasosiasi Peserta didik melaksanakan
finishing pembuatan sketsa dengan menerapkan unsur,prinsip, teknik dan
prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dari berbagai bahan dengan
bimbingan guru 5. Menkomunikasikan Peseta didik mempresentasikan
hasil karya lukisan sketsanya dengan menerapkan konsep unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda di depan kelas dan peserta didik yang lain
memberikan tanggapan dan apresiasi. Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan sketsa menggambar flora,
fauna dan alam benda dari berbagai bahan. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *LCD,
Laptop *Contoh
gambar flora, fauna dan alam benda. *Buku
pelajaran *Bahan
praktik: kertas *Alat
tulis : pensil 2 b |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
dari berbagai bahan Produk:
Hasil karya gambar sketsa meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi
serta keindahan karya |
Moga, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Rupa |
|
Kelas/Semester |
VII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
9
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1.
Memahami unsur,
prinsip, teknik, dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan
berbagai bahan
|
4.1.
Menggambar flora, fauna, dan alam
benda |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.1.2.
Menyebutkan
unsur, teknik dan prosedur menggambar
flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
4.1.2.
Menggambar
flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon,pastel,cat air |
|
Materi
Pembelajaran |
Pembuatan gambar dengan menerapkan unsur, prinsip, teknik, dan prosedur
menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
|
|
|
|
Model: Saintifik Produk: Gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias Diskripsi: Peserta
didik secara mandiri membuat gambar gubahan flora,
fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
Langkah Pebelajaran 1.
Mengamati: Guru menayangkan suatu benda dan menjelaskan konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan Peserta didik mempelajari benda yang disiapkan dan mempelajari berbagai macam pandangan untuk mempelajarai konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan 2.
Menanya: Peserta didik secara
berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar model, melalui contoh
yang disiapkan dan penerapan
menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan didampingi guru. 3. Mencoba Peserta didik membuat
sketsa penerapan berbagai macam bahan dan teknik untuk menggambar flora,
fauna dan alam benda dengan berbagai bahan sampai tahap pewarnaan yang
didampingi Guru. 4. Menalar/mengasosiasi Peserta didik melaksanakan
finishing pembuatan sketsa gubahan flora, fauna,
dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan bimbingan guru 5. Menkomunikasikan Peseta didik mempresentasikan
hasil karya gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan konsep unsur, prinsip,
teknik dan prosedur menggambar didepan
kelas dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi. Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam
hias. |
|
Alat,
Bahan, dan Media: *LCD,
Laptop *Contoh
gambar gubahan flora, fauna dan alam benda. *Buku
pelajaran *Bahan
praktik: krayon, pulas, cat air *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar
gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias Produk:
Hasil karya sketsa meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan komposisi serta
keindahan karya |
Moga, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Moga Guru Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.2.1 dan IPK 4.2.1 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Rupa |
|
Kelas/Semester |
VII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
3
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.2.
Memahami prinsip dan prosedur
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.2. Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.2.1.
Mengidentifikasi
prinsip menggambar gubahan flora,
fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.2.1.
Menggambar
sketsa gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami unsur mengambar ilustrasi
dengan teknik manual dan digital. |
|
|
|
|
Model: Saintifik Produk: Gambar
sketsa gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias Diskripsi: Peserta
didik secara mandiri membuat lukisan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
Langkah
Pebelajaran 1.
Mengamati: Guru
menayangkan gambar-gambar dan
menjelaskan konsep unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias Peserta didik mempelajari
gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias 2.
Menanya: Peserta didik secara
berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar gubahan
flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias dan penerapan serta
berbagai manfaat gambar gubahan flora, fauna, dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias didampingi guru. 3. Mencoba Peserta didik membuat
sketsa penerapan gambar gubahan flora, fauna, dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias yang didampingi Guru. 4. Menalar/mengasosiasi Peserta didik melaksanakan
finishing pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan unsur, prinsip, teknik dan
prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias dengan bimbingan guru 5. Menkomunikasikan Peseta didik mempresentasikan
hasil karya sketsa ragam hias dengan menerapkan konsep unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar ragam hias didepan kelas dan peserta didik yang lain
memberikan tanggapan dan apresiasi. Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias. |
|
Alat, Bahan, dan Media: *LCD,
Laptop *Contoh
gambar ragam hias *Buku
pelajaran *Bahan
praktik: krayon, pulas, cat air *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar ilustrasi manual dan digital. Produk:
Hasil karya gambar ilustrasi manual meliputi unsur garis,bentuk , teknik dan
komposisi serta keindahan karya sesuai dengan temanya. |
Moga, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Moga Guru Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
RPP
untuk IPK 3.1.2 dan IPK 4.1.2 |
||
Mata
Pelajran |
Seni
Budaya- Seni Rupa |
|
Kelas/Semester |
VII/Gasal |
|
Alokasi
Waktu |
9
JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.2.
Memahami prinsip dan prosedur
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.2. Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.2.2.
Mengidentifikasi
prosedur menggambar gubahan flora,
fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.2.2.
Menggambar dan mempresentasikan gambar ragam hias
gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas |
|
Materi
Pembelajaran |
Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna,
dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
|
|
|
|
Model: Saintifik Produk: Gambar
gubahan flora,fauna menjadi ragam
hias. Diskripsi: Peserta
didik secara mandiri membuat sebuah lukisan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
Langkah
Pebelajaran 1.
Mengamati: Guru
menayangkan gambar-gambar dan
menjelaskan konsep unsur, prinsip, teknik
dan prosedur gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias Peserta didik mempelajari
gambar-gambar dan menyajikan berbagai macam gambar-gambar untuk mempelajarai konsep unsur, prinsip, teknik dan prosedur
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias 2.
Menanya: Peserta didik secara
berkelompok melakukan tanya jawab tentang menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias,
contoh-contoh karya dan penerapan
menggambarnya dengan berbagai manfaat didampingi
guru. 3. Mencoba Peserta didik membuat
sketsa sampai finishing gubahan
flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias yang didampingi
Guru. 4. Menalar/mengasosiasi Peserta didik melaksanakan
finishing pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias dengan
menerapkan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias
dengan bimbingan guru 5. Menkomunikasikan Peseta didik mempresentasikan
hasil karya gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias dengan menerapkan konsep menggambar di depan kelas
dan peserta didik yang lain memberikan tanggapan dan apresiasi. Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan proses pembuatan gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias
|
|
Alat,
Bahan, dan Media: *LCD,
Laptop *Contoh
gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias *Buku
pelajaran *Bahan
praktik: kertas *Alat
tulis |
||
|
||
Asesmen: Tes
tertulis: unsur, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias. Produk:
Hasil karya ragam hias meliputi unsur
garis,bentuk , teknik dan komposisi serta keindahan karya sesuai dengan
temanya. |
Moga, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala
SMP Negeri 1 Moga Guru
Bidang Study Seni Budaya
Slamet
Ruslani,S.Pd,M.Pd. Haryanto,S.Pd
NIP.19700901
199802 1 002 NIP.19640504
198601 1 003
untuk mendapatkan file RPP ini silahkan DOWNLOAD DI SINIhttps://drive.google.com/file/d/1T2IrrgAJdZAmLTFqLpgwCTmvzeGbE0yX/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar