Jumat, 08 Mei 2020

POSTER


Pengertian Poster
Kita sering melihat di pinggir-pinggir jalan sebuah gambar disertai tulisan yang berisi himbauan, ajakan kepada orang lain, itu adalah layanan kepada masyarakat dalam bentuk poster. Poster adalah suatu karya seni yang terfokus pada desain grafis, yang menggabungkan dan memuat antara beberapa warna, gambar, kalimat yang menjadi satu. Poster memiliki sifat yaitu mengajak, larangan atau memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu pembahasan tertentu yang dikemas dalam bentuk gambar disertai warna dan huruf, sehingga bentuknya menarik.

Tujuan/Fungsi Poster
Banyak fungsi dari poster, diantaranya sebagai media informasi untuk menyampaikan suatu pengumuman, sebagai sarana untuk mencari simpati dan perhatian masyarakat atau khalayak ramai. Dan juga dapat digunakan untuk promosi produk sebagai strategi pemasarannya. Sehingga dengan adanya poster yang di pampang kepada mayarakat, mereka akan tertarik untuk mengikuti ajakan atau anjuran tersebut.

Jenis-Jenis Poster
Poster dibuat berdasarkan tujuannya ada yang untuk kegiatan sosial, ada yang untuk tujuan ekonomi. Diantara jenis-jenis poster yaitu poster pendidikan, poster lingkungan, poster kesehatan, poster kegiatan, dan poster layanan masyarakat.

Teknik Pembuatan Poster
Teknik pembuatan poster dibagi menjadi 3, yaitu :
a. Teknik Manual
Teknik manual adalah teknik pembuatan poster dengan cara digambar langsung di atas kertas menggunakan alat gambar (pensil warna/spidol/crayon/cat poster)
b. Teknik Digital
Teknik digital adalah teknik pembuatan poster dengan mengunakan perangkat elektronik, seperti computer atau smartphone. Dalam pembuatannya membutuhkan perangkat/software/aplikasi tertentu, contohnya Photoshop, Corel Draw, atau Picart. Teknik digital memungkinkan untuk membuat poster dengan menggabungkan unsur fotografi. Tenik digital ini bagi yang sudah ahli dapat dibuat dengan jumlah yang banyak, disamping itu karya digital ini bisa di edit sesuai dengan keinginan kita.
c. Teknik Campuran
Teknik campuran adalah teknik pembuatan poster yang menggabungkan teknik manual dengan teknik digital.

Langkah-Langkah Membuat Poster
Langkah-langkah pembuatan poster yaitu :
1. Menentukan tema dan tujuan poster
2. Membuat kalimat pesan/informasi yang menarik, singkat, padat, dan jelas
3. Membuat/memilih gambar ilustrasi yang sesuai dengan tema
4. Mengkomposisikan kalimat pesan/informasi dengan gambar ilustrasi
5. Finishing/penyelesaian akhir
Semoga bermanfaat untuk pembelajaran kita semua.


6 komentar:

  1. WAW!MAKIN BERTAMBAH PENGETAHUAN SAYA PAK! MAKASIH ATAS TUGASNYA YANG MENDADAK INI PAK

    BalasHapus
  2. Wahhh😀materinya mudah dipahami sekali. .... Terima kasih pak... Ilmu saya semakin bertambah.. ..sekali lagi Terima kasih (AKHMAD LABIB 4 8A)

    BalasHapus
  3. Aww mantap nii
    makasii pak materinya:v

    BalasHapus
  4. Bagus pak materinya.. Menambah wawasan tentang seni...

    BalasHapus
  5. terimakasih yang telah berkunjung,udah coba mengerjakan soalnya belum?

    BalasHapus