NAMA ALAT PERAGA :
MENYANYI VOKAL GROUP.
KOMPETENSI INTI :
KI 4 :
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam
sudut pandang/teori.
Untuk nonton videonya bisa di lihat di sini
Untuk nonton videonya bisa di lihat di sini
KOMPETENSI
DASAR :
4.7. Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau
lebih secara berkelompok
MATERI POKOK :
Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan pernapasan
yang benar
2.
Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan frasering yang benar
3.
Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan artikulasi
yang benar
4.
Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan intonasi yang benar
5.
Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group
dengan teknik
vokal
yang benar
6 . Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan ekspresi (dinamik dan tempo) dengan tepat
7. Menyanyikan
lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan biramanya
8. Menyanyikan lagu Waktu
Hujan Sore-Sore secara vokal group sesuai dengan notasinya.
9. Menyanyikan lagu Waktu
Hujan Sore-Sore secara vokal group sesuai dengan
syair lagunya.
TUJUAN PEMBUATAN :
1.
Memfasilitasi agar
siswa lebih mudah untuk menguasai materi pelajaran.
2.
Membantu agar siswa
dapat menerapkan materi menyanyi dua suara.
3.
Membantu siswa
dapat praktek menyanyi vokal group.
4.
Memberi pengalaman
pada siswa untuk membuat sebuah karya seni.
5.
Supaya siswa dapat
menghargai karya orang lain.
6.
Agar siswa dapat
menciptakan karya sesuai bakat, minat,
kemampuan yang dimilikinya.
7.
Agar siswa dapat
saling membantu dan menciptakan suasana
belajar yang menarik dan menyenangkan.
8.
Meningkatkan hasil
belajar siswa dalam materi menyanyi dua suara.
MANFAT ALAT PERAGA :
1.
Siswa lebih mudah
untuk menguasai materi pelajaran.
2.
Hasil belajar siswa
meningkat.
3.
Siswa dapat
menerapkan materi menyanyi dua suara dengan baik.
4.
Siswa dapat
menyanyi vokal group dengan mudah.
5.
Siswa lebih mudah membaca
notasinya.
6.
Siswa lebih mudah
menyanyikan lagunya karena ada
contohnya.
BAHAN DAN ALAT:
Pembuatan alat
peraga menyanyi dua suara ini adalah murni ide guru sendiri yang telah lama
mengajar menyanyi dua suara atau lebih tetapi siswa mengalami kesulitan untuk
menguasai materi yang diajarkan, oleh karena itu saya menemukan cara untuk
mengajarkan kepada siswa dengan membuat alat peraga yang saya buat sendiri
dengan alat – alat sebagai berikut :
1.
Partitur lagu suara
1.
2.
Partitur lagu suara
2
3.
Gitar
4.
Organ
CARA PEMBUATAN ALAT PERAGA
Sebelum mulai membuat alat
peraga ini, kita harus menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan seperti
yang tertera diatas. Ada 3 tahapan dalam pembuatannya yaitu :
1.
Tahap Pembuatan Suara
dua
2.
Tahap Perekaman
Suara Guru
3.
Tahap Melatih Anak
4.
Tahap Perekaman
Anak
TAHAP PEMBUATAN SUARA 2 :
1.
Tentukan lagu yang
akan dinyanyikan.
2.
Pilih lagu yang
tidak terlalu sulit untuk dinyanyikan.
3.
Nyanyikanlah lagu
suara 1 secara berulang-ulang hingga hafal .
4.
Buatlah arrangemen
lagu suara 2.
5.
Kalau sudah jadi
nyanyikanlah lagu tersebut dengarkan keharmonisannya .
6.
Nyanyikanlah dengan
iringan gitar/organ.
7. Suara 2 telah selesai
TAHAP PEREKAMAN SUARA GURU :
Dalam tahap ini
pembuatan harus hati-hati sebab hasil rekaman nanti akan didengarkan oleh
peserta didik. adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sabagai berikut :
1.
Hafalkan suara 1
2.
Hafalkan suara 2
3.
Hafalkan perjalan
akor dalam lagu tersebut.
4.
Rekamlah disaat
suasan sedang sepi
5.
Rekamlah beberapa
kali pilih hasil yang terbaik.
6.
Putar hasil
rekaman, ulangi bila hasilnya kurang baik
7.
Rekaman suara 1 dan
2 selesai.
TAHAP MELATIH ANAK :
Dalam tahap ini disebut
aplikasi kepada anak atau modelnya anak, tahap ini sekaligus usaha biar nada
dasar yang dinyanyikan anak tidak jauh berbeda atau mendekati sama dengan nada
dasar yang dimiliki anak-anak. Adapun
tahapan pengerjaannya adalah :
1.
Pilihlah anak yang
memiliki suara yang bagus untuk menjadi model.
2.
Mulailah melatih
anak menyanyikan suara 1.
3.
Pilih anak lainya
yang memiliki suara bagus untuk menjadi model ke 2.
4.
Mulailah melatih
anak menyanyikan suara 2.
5.
Dengan memanfaatkan
teknologi beri anak rekaman suara guru,
suara 1 untuk anak yang menyanyikan suara 1 dan suara 2 bagi anak yang
menyanyikan lagu suara 2 untuk dipelajari di rumah.
6.
Latihlah siswa yang menjadi model menguasai suara 1
dan 2 .
7.
Setelah benar-benar
sudah menguasai baru diadakan rekaman suara 1 dan 2 secara bergantian.
TAHAP PEREKAMAN ANAK
Dalam tahap ini
kita akan membuat rekaman yang modelnya
anak, sebab kadang-kadang peserta didik lebih merasa tertarik kalau yang
menyanyikan atau menjadi modelnya adalah siswa. Adapun tahapan pengerjaannya
adalah :
1.
Cek sekali lagi
suara 1 dan 2 untuk dinyanyikan, apakah betul lagu sesuai dengan notasi yang
ada.
2.
Setelah yakin betul
baru diadakan rekaman
3.
Rekaman menggunakan
Organ
4.
Rekam suara 1
terlebih dahulu, kemudian ulang sekali lagi
5.
Rekam suara 2
kemudian ulang sekali lagi nanti kita pilih rekaman yang terbaik yang akan
digunakan untuk pembelajaran.
6.
Rekam bersama-sama
suara 1 dan 2 juga diulang sampai beberapa kali.
7.
Rekaman siap
digunakan sebagai alat peraga pembelajaran dengan materi menyanyi secara Vokal
group.
FOTO ALAT DAN BAHAN
FOTO PEMBUATAN SUARA 1 DAN 2
FOTO PEMBUATAN REKAMAN
FOTO PENGGUNAAN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar