Senin, 11 Mei 2020

Alat Peraga Vokal Group


NAMA ALAT PERAGA    : MENYANYI VOKAL GROUP.

            KOMPETENSI INTI           :
KI 4 :  Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber  lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
 Untuk nonton videonya bisa di lihat di sini 
KOMPETENSI DASAR    :
4.7.  Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

MATERI POKOK               :
Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
  1.  Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan    pernapasan yang benar
  2.    Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan    frasering yang benar
  3.    Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan     artikulasi yang benar
4.    Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan intonasi yang benar
5.    Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group  dengan teknik
    vokal yang benar
   6 . Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore  secara vokal group  dengan ekspresi        (dinamik dan tempo) dengan tepat
         7.  Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group dengan biramanya
8. Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group  sesuai dengan   notasinya.
9. Menyanyikan lagu Waktu Hujan Sore-Sore secara vokal group  sesuai dengan  syair lagunya.

TUJUAN PEMBUATAN    :
1.      Memfasilitasi agar siswa lebih mudah untuk menguasai materi pelajaran.
2.      Membantu agar siswa dapat menerapkan materi menyanyi dua suara.
3.      Membantu siswa dapat praktek menyanyi vokal group.
4.      Memberi pengalaman pada siswa untuk membuat sebuah karya seni.
5.      Supaya siswa dapat menghargai karya orang lain.
6.      Agar siswa dapat menciptakan karya sesuai  bakat, minat, kemampuan yang dimilikinya.
7.      Agar siswa dapat saling membantu dan menciptakan  suasana belajar yang menarik dan menyenangkan.
8.      Meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menyanyi dua suara.

MANFAT ALAT PERAGA           :
1.      Siswa lebih mudah untuk menguasai materi pelajaran.
2.      Hasil belajar siswa meningkat.
3.      Siswa dapat menerapkan materi menyanyi dua suara  dengan baik.
4.      Siswa dapat menyanyi vokal group dengan mudah.
5.      Siswa lebih mudah membaca notasinya.
6.      Siswa lebih mudah menyanyikan lagunya  karena ada contohnya.

BAHAN DAN ALAT:

Pembuatan alat peraga menyanyi dua suara ini adalah murni ide guru sendiri yang telah lama mengajar menyanyi dua suara atau lebih tetapi siswa mengalami kesulitan untuk menguasai materi yang diajarkan, oleh karena itu saya menemukan cara untuk mengajarkan kepada siswa dengan membuat alat peraga yang saya buat sendiri dengan alat – alat sebagai berikut :
1.      Partitur lagu suara 1.
2.      Partitur lagu suara 2
3.      Gitar
4.      Organ

CARA PEMBUATAN ALAT PERAGA
Sebelum mulai membuat alat peraga ini, kita harus menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan seperti yang tertera diatas. Ada 3 tahapan dalam pembuatannya yaitu :
   1.      Tahap Pembuatan Suara dua
   2.      Tahap Perekaman Suara Guru
   3.      Tahap Melatih Anak
   4.      Tahap Perekaman Anak

TAHAP PEMBUATAN SUARA 2 :
1.      Tentukan lagu yang akan dinyanyikan.
2.      Pilih lagu yang tidak terlalu sulit untuk dinyanyikan.
3.      Nyanyikanlah lagu suara 1 secara berulang-ulang hingga hafal .
4.      Buatlah arrangemen lagu suara 2.
5.      Kalau sudah jadi nyanyikanlah lagu tersebut dengarkan keharmonisannya .
6.      Nyanyikanlah dengan iringan gitar/organ.
7.      Suara 2 telah selesai

TAHAP PEREKAMAN SUARA GURU :
Dalam tahap ini pembuatan harus hati-hati sebab hasil rekaman nanti akan didengarkan oleh peserta didik. adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sabagai berikut :
1.      Hafalkan suara 1
2.      Hafalkan suara 2
3.      Hafalkan perjalan akor dalam lagu tersebut.
4.      Rekamlah disaat suasan sedang sepi
5.      Rekamlah beberapa kali pilih hasil yang terbaik.
6.      Putar hasil rekaman, ulangi bila hasilnya kurang baik
7.      Rekaman suara 1 dan 2 selesai.


TAHAP MELATIH ANAK :
            Dalam tahap ini disebut aplikasi kepada anak atau modelnya anak, tahap ini sekaligus usaha biar nada dasar yang dinyanyikan anak tidak jauh berbeda atau mendekati sama dengan nada dasar yang dimiliki anak-anak.  Adapun tahapan pengerjaannya adalah :
1.      Pilihlah anak yang memiliki suara yang bagus untuk menjadi model.
2.      Mulailah melatih anak menyanyikan suara 1.
3.      Pilih anak lainya yang memiliki suara bagus untuk menjadi model ke 2.
4.      Mulailah melatih anak menyanyikan suara 2.
5.      Dengan memanfaatkan teknologi beri anak rekaman suara guru,  suara 1 untuk anak yang menyanyikan suara 1 dan suara 2 bagi anak yang menyanyikan lagu suara 2 untuk dipelajari di rumah.
6.      Latihlah  siswa yang menjadi model menguasai suara 1 dan 2  .
7.      Setelah benar-benar sudah menguasai baru diadakan rekaman suara 1 dan 2 secara bergantian.

TAHAP PEREKAMAN ANAK
Dalam tahap ini kita akan membuat rekaman yang  modelnya anak, sebab kadang-kadang peserta didik lebih merasa tertarik kalau yang menyanyikan atau menjadi modelnya adalah siswa. Adapun tahapan pengerjaannya adalah :
1.      Cek sekali lagi suara 1 dan 2 untuk dinyanyikan, apakah betul lagu sesuai dengan notasi yang ada.
2.      Setelah yakin betul baru diadakan rekaman
3.      Rekaman menggunakan Organ
4.      Rekam suara 1 terlebih dahulu, kemudian ulang sekali lagi
5.      Rekam suara 2 kemudian ulang sekali lagi nanti kita pilih rekaman yang terbaik yang akan digunakan untuk pembelajaran.
6.      Rekam bersama-sama suara 1 dan 2 juga diulang sampai beberapa kali.
7.      Rekaman siap digunakan sebagai alat peraga pembelajaran dengan materi menyanyi secara Vokal group.

 
FOTO ALAT DAN BAHAN
  





FOTO PEMBUATAN SUARA 1 DAN 2
                                                                                                                                                                                   





FOTO PEMBUATAN REKAMAN








FOTO PENGGUNAAN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS   
 

                 


                       
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar