Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah
suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam
satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar
mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar
menyampaikan materi saja, tetapi lebih
dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.
Sebagai
pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang
mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru
harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik
sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan
merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut. Berhasilnya
tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor
guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung
dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan
siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan
secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara
atau metode mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai
dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Dalam suatu proses pembelajaran dibutuhkan suatu
pendekatan tertentu agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan. Pendekatan itu
biasanya berupa metode yang dipilih dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan
materi yang disajikan. Metode pembelajaran jenisnya beragam yang masing-masing
memiliki kelebihan dan kelemahan, maka
pemilihan metode yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan
diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi
pelajaran.
Minat besar
pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Siswa yang berminat terhadap seni musik
akan mempelajari seni musik dengan
sungguh-sungguh seperti rajin
belajar, merasa senang mengikuti penyajian pelajaran seni musik, dan bahkan
dapat menemukan kesulitan–kesulitan dalam belajar menyelesaikan soal-soal
latihan dan praktek menyanyikan lagu dengan benar karena adanya daya tarik yang diperoleh dengan
mempelajari seni musik. Siswa akan mudah menghafal pelajaran yang menarik
minatnya.
Minat berhubungan erat dengan motivasi. Motivasi muncul karena adanya
kebutuhan, begitu juga minat, sehingga tepatlah bila minat merupakan alat
motivasi. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. Oleh karena
itu, guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dimengerti siswa (Hasnawiyah, 1994).
Kemudian yang menjadi pertanyaan yang menarik pada diri kita sebagai pendidik adalah "Sudahkah kita tahu apakah anak didik yang kita ajar tiap hari berminat terhadap pelajaran kita?.berminat terhadap kehadiran kita dikelas? mari kita tanyakan pada diri kita masing-masing, kalau sudah jawabannya kita bersyukur kalau jawabannya belum, maka kita harus mengadakan instropeksi kedalam diri kita masing-masing. Mengapa itu terjadi dan bagaimana kita memperbaikinya. Wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar