Selasa, 26 Mei 2020

Minat Belajar


Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar menyampaikan  materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.
Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara atau metode mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang  akan disampaikan. 
Dalam suatu proses pembelajaran dibutuhkan suatu pendekatan tertentu agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan. Pendekatan itu biasanya berupa metode yang dipilih dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan materi yang disajikan. Metode pembelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan,  maka pemilihan metode yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. 
Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Siswa yang berminat terhadap seni musik akan mempelajari seni musik dengan  sungguh-sungguh seperti  rajin belajar, merasa senang mengikuti penyajian pelajaran seni musik, dan bahkan dapat menemukan kesulitan–kesulitan dalam belajar menyelesaikan soal-soal latihan dan praktek menyanyikan lagu dengan benar  karena adanya daya tarik yang diperoleh dengan mempelajari seni musik. Siswa akan mudah menghafal pelajaran yang menarik minatnya. 
Minat berhubungan erat dengan motivasi. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan, begitu juga minat, sehingga tepatlah bila minat merupakan alat motivasi. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dimengerti siswa (Hasnawiyah, 1994).
Kemudian yang menjadi pertanyaan yang menarik pada diri kita sebagai pendidik adalah "Sudahkah kita tahu apakah anak didik yang kita ajar tiap hari berminat terhadap pelajaran kita?.berminat terhadap kehadiran kita dikelas? mari kita tanyakan pada diri kita masing-masing, kalau sudah jawabannya kita bersyukur kalau jawabannya belum, maka kita harus mengadakan instropeksi kedalam diri kita masing-masing. Mengapa itu terjadi dan bagaimana kita memperbaikinya. Wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar