Rabu, 13 Mei 2020

Fungsi Lagu Daerah Jawa Tengah




FUNGSI LAGU DAERAH
KD.3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah
Indikator :Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah
Tujuan Pembelajaran: setelah membaca materi dan melihat tayangan video, peserta didik dapat.
1.Menjelaskan makna lagu-lagu  dari jawa tengah
2.Menyebutkan judul lagu - lagu daerah sebagai sarana informasi / penerangan
3.Menyebutkan judul lagu-lagu daerah yang relegius
4.Menyebutkan jenis-jenis pernafasan
5.Menjelaskan pengertian Intonasi.
6.Menjelaskan pengertian lagu daerah
7.Menyebutkan ciri-ciri lagu daerah
8.Menjelaskan gaya lagu daerah
Di daerah Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang memiliki banyak lagu daerah tembang  dolanan dengan bahasa Jawa. Tembang-tembang dolanan ini memiliki banyak nilai religius dan nilai budi pekerti yang tinggi.
Simaklah beberapa contoh berikut ini.
       1.  Tembang dolanan yang berisi nilai religius dan keagamaan
           Beberapa jenis lagu dolanan daerah berikut, akan menjelaskan mengenai nilai-nilai religius dan keagamaan.
      a. Tembang Sluku-sluku Bathok, dalam lagu ini menjelaskan hendaknya manusia membersihkan bathinnya dan harus selalu mengingat nama Allah dengan menggelengkan kepala sambil banyak berzikir di saat susah maupun senang.
          b.  Tembang Ilir-ilir, dalam lagu ini memiliki kandungan makna kita sebagai manusia harus bangkit dari keterpurukan kehidupan. Selain itu orang-orang juga disarankah untuk selalu mempertebal iman dan terus berjuang agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.
        c. Tembang Padhang Wulan, makna dari lagu ini adalah rasa syukur yang harus selalu kita panjatkan kepada Tuhan, karena kuasa-Nya kita masih dapat menikmati keindahan alam yang berupa terang bulan.
       2. Tembang dolanan yang berisi nilai budi pekerti
        
Berikut ini adalah tembang-tembang dolanan yang yang memiliki makna mengenai nilai budi pekerti.
                 a.Lagu Jaranan, lagu ini memiliki makna mengenai budi pekerti antara lain rasa kebersamaan dan menghormati orang yang memiliki tingkatan sosial yang lebih tinggi kedudukannya.
                   b.Lagu Menthok-menthok, merupakan lagu yang memiliki makna introspeksi diri. Sebagai sesama makhluk yang diciptakan oleh Allah manusia tidak boleh menyombongkan diri, karena sesungguhnya manusia di dunia ini diciptakan dengan sisi baik dan sisi buruknya.
              c.Lagu Gundul-gundul Pacul, mengajarkan makna bahwa tidak ada seorangpun yang boleh memiliki sikap paling benar, paling bisa, dan paling pintar.
                 d.Lagu Dondhong Opo Salak, lagu ini menjelaskan bahwa banyak orang yang dari luar kelihatan bagus namun aslinya orang tersebut adalah orang yang tidak baik. Seperti buah kendondong yang bagus diluar namun isinya kasar dan tajam. Lebih baik menjadi orang yang seperti buah salak, walaupun di luarnya kasar, namun sesungguhnya orang yang baik dan halus.

Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

Lagu daerah biasanya diirigi dengan alat musik daerah pula. Lagu daerah Jawa Tengah biasanya diiringi dengan seperangkat alat musik daerah yang lengkap dalam hal ini disebut dengan karawitan. 

Banyak karya-karya lagu daerah diiringi dengan adanya musik karawitan. Musik karawitan tersebut dapat dimainkan dengan berbagai musik ansembel atau komposisi musik lain yang bersifat tradisional dan tidak diketahui penciptanya.

Pada umumnya sebuah komposisi karawitan untuk lagu daerah sangat sulit untuk ditentukan usianya. Sehingga seringkali seorang pemain karawitan akan mengurangi dan menambah komposisi karawitan yang mainkan.

Selain teknik menyanyi, lagu daerah juga memiliki gaya yang berbeda. Komposisi dalam karawitan akan dapat mengembangkan potensi perbedaan sebuah daerah dengan daerah yang lainnya. Inilah yang menyebabkan adanya gaya musikal yang berbeda dalam menyanyikan lagu daerah. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan karakteristik gaya musikal yang berbeda satu daerah dengan yang lain.

1.Gaya lokal

Gaya ini merupakan tipologi karakteristik kedaerahan yang menyebabkan adanya perbedaan nilai keindahan dan sifat ekspresif antara satu daerah dengan daerah lainnya. Dewasa ini, gaya lokal ini sering kali dihubungkan dengan adanya isu globalisasi. Inilah yang kemudian sering disebut dengan entitas lokal genius.

2.Gaya individual

Gaya ini menjelaskan tipologi karakteristik yang dimiliki oleh tokoh pencipta lagu. Setiap lagu akan memiliki gaya yang berbeda, karena lagu-lagu ini diciptakan oleh orang-orang yang berbeda.

3.Gaya periodikal

Gaya yang merupakan tipologi karakteristik zaman tertentu, yang kemudian akan menyebabkan perbedaan gaya musikan dengan zaman yang lainnya.

Gaya dalam bentuk musikal  merupakan tipologi karakteristik yang memiliki bentuk karya musikal yang berbeda satu sama lainnya. Misalnya dalam karawitan Betawi diiringi dengan musik gambang kromong , dan gaya atau musical style dikenal dengan istilah Liaw. Lagu daerah yang dimiliki oleh suatu masyarakat sering dibawakan oleh penyanyi. Istilah penyanyi lagu daerah pada setiap daerah juga berbeda. Berikut ini penjelasannya.

1.Pulau Jawa

Di daerah Jawa, Sunda dan Bali seorang penyanyi lagu daerah umumnya disebut dengan Sinden. Seorang penyanyi lagu daerah akan menyanyi dengan diiringi oleh orkestra dari musik tradisional. Misalnya seorang sinden yang akan menyanyi dengan diiringi oleh bunyi tetabuhan dari seperangkat gamelan yang utuh. Pada penyanyi Jawa yang disebut dengan sinden akan menyanyi dengan posisi duduk bersimpuh dengan memakai pakaian yang ketat dan mengunakan stagen yang menekan bagian perut.

Pesinden yang baik akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang luas dan keahlian vokal yang baik, dan kemampuan yang mumpuni untuk menyanyikan tembang-tembang Jawa, yang umumnya memiliki cengkok Jawa yang khas. Dalam bahasa Jawa Sinden juga disebut dengan Waranggana. Pada zaman dahulu waranggana adalah satu-satunya wanita yang ada dalam pergelaran wayang kulit ataupun kelenengan. Sinden harus bisa menyanyi mengikuti irama gending yang dibunyikan oleh para niyaga (penabuh gamelan). Namun sinden tidak hanya tampil sendirian dalam pergelaran wayang ataupun klenengan, tetapi bisa sebanyak delapan hingga sepuluh orang sinden dalam setiap kali pergelaran, tergantung pada besar atau kecilnya pergelaran yang dilakukan.

2.Pulau Sumatra

Gaya menyanyi lagu daerah di daerah Sumatra adalah perkolong-kolong. Perkolong kolong merupakan kesenian Suku Karo dari Sumatra utara yang dinyanyikan oleh sepasang pria dan wanita. Kedua penyanyi itu juga merangkap sebagai penari pada acara Gendang Goro Goro Aron. Selain menari dan menyanyi perkolong kolong juga harus memiliki kemampuan untuk saling berbalas pantun. Pantun tersebut pada umumnya berisi mengenai nasehat dan candaan lucu yang memiliki tujuan untuk menghibur masyarakat yang menonton

3.Pulau Kalimantan

Di Kalimantan Selatan ada yang disebut dengan Madihin, yang artinya orang yang membacakan pantun-pantun yang diiringi dengan bunyi gendang yang ditabuh. Madihin memiliki fungsi sebagai sarana untuk menghibur para raja dengan pantun yang berisi dengan pujian. Selain itu madihin juga digunakan untuk menghibur bagi rakyat pada waktu-waktu tertentu.

4.Pulau Papua

Pada masyarakat Papua mereka akan bernyanyi dengan gerakan yang energik sambil memukul alat musik yang bernama tifa. Meskipun melakukan gerakan-gerakan yang energik dan memukul tifa, tenaga dan energi mereka tetap terjaga dengan baik. Konon katanya, hal ini karena banyak dari masyarakat Papua yang mengonsumsi ulat sagu

untuk melihat tayangan videonya bisa di lihat di sini



73 komentar:

  1. Nama: Abizar bais
    Nomor:8i
    Kls:8i

    BalasHapus
  2. Nama:Lutfiana Ayu fanesya
    Kelas:8i
    No.abs:15

    BalasHapus
  3. Nama:Hawa Mutiara Rahmah
    Nomer:9
    Kelas:8i

    BalasHapus
  4. Nama:Tina Aulia
    Kelas:8c
    No.absen:29

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama : Naena muafidah
    Kelas : 8c
    No absen: 23

    BalasHapus
  7. Nama:Alya Aini Nurul Alifah
    Kelas:8c
    No.absen:02

    BalasHapus
  8. Nama:Ardhea pramesti cahya maylani
    No.abs:06
    Kelas:8C

    BalasHapus
  9. Nama:astrid febrianty
    Kelas:8i
    No absen:04

    BalasHapus
  10. Nama:Indah Auliya
    Kelas:8c
    No.absen:14

    BalasHapus
  11. Nama:Nadhira hana widyawati
    Kelas:8c
    No.absen:21

    BalasHapus
  12. Nama:Azra Ria Nuzul Arsy
    kelas:8c
    No.absen:08

    BalasHapus
  13. Nama:Azra Ria Nuzul Arsy
    kelas:8c
    No.absen:08

    BalasHapus
  14. Nama:nailatul rizkiyati
    No:22
    Kls:8c

    BalasHapus
  15. Nama:nailatul rizkiyati
    No:22
    Kls:8c

    BalasHapus
  16. Nama:Mutiara Inesa
    Absen:21
    Kelas:8i

    BalasHapus
  17. Nama:Novan Saputra
    Absen:26
    Kelas:8c

    BalasHapus
  18. Nama:yusuf mazida noor
    Kelas:8c
    Absen:32

    BalasHapus
  19. Nama:Novan Saputra
    Absen:26
    Kelas:8c

    BalasHapus
  20. Nama:annisa septia ramadhani
    Kelas:8c
    No absen:05

    BalasHapus
  21. Nama:Novi Rahmatika
    Kelas:8i
    Absen:23

    BalasHapus
  22. Nama: Lazuardi Senja Kurniawan Arsy
    Kelas:8i
    No.abs:14

    BalasHapus
  23. Nama:Norma Zakiyatun Nisa
    Kelas:8i
    No.Abs:22

    BalasHapus
  24. Nama: Puteri Renayya Fatima Azzahra
    Kelas: 8c
    No absen: 27

    BalasHapus
  25. Nama:Salwa aliya sari

    Kelas:8i
    No abs:28

    BalasHapus
  26. Nama : Naila Najwa Mafaza
    Kelas : 8c
    No.absen : 24

    BalasHapus
  27. Nama : Husnul khotimah
    Kelas: 8G
    No : 15

    BalasHapus
  28. Nama:Amelia niha isfayanti
    Kelas:8G
    No:4

    BalasHapus
  29. Nama:Amelia niha isfayanti
    Kelas:8G
    No:4

    BalasHapus
  30. Nama:Yudha Prabowo
    Kelas:8A
    No:30

    BalasHapus
  31. nama:siti muyasaroh
    Kelas : 8G
    No : 26

    BalasHapus
  32. nama:siti muyasaroh
    Kelas : 8G
    No : 26

    BalasHapus
  33. Nama:vinka putria ramadhani
    Kelas:8D
    No.absen:27

    BalasHapus
  34. Nama:vinka putria ramadhani
    Kelas:8D
    No.absen:27

    BalasHapus
  35. Nama:Dewi Amanatul Idzkiyati
    Kelas:8D
    No absen:7

    BalasHapus
  36. Nama:Farah Amelia
    kelas:8D
    absen:13

    BalasHapus
  37. Nama:Dina amelia nur fasikha
    Kelas:8D
    Absen:9

    BalasHapus
  38. Nama: Holifatus salsadiah
    kelas: 8D
    Absen: 15

    BalasHapus
  39. Nama:NUR ICHSAN FAISAL
    kelas: 8H
    Absen:25

    BalasHapus
  40. Nama:Akhmad dayrobi
    Kelas:8D
    No.absen:1

    BalasHapus
  41. Nama: Zulfa Umrotul Laela
    Kelas:8D
    No absen:29

    BalasHapus
  42. Nama : Nur laelatul fitriya
    Kelas: 8D
    No: 23

    BalasHapus
  43. Nama :atika fitriani
    Kls:8D
    No absn:6

    BalasHapus
  44. Nama:Alya nur isfina
    Kelas:8D
    No absen:3

    BalasHapus
  45. Nama: Windi Septia Ayu Ningsih
    No :30
    Kelas:8G

    BalasHapus
  46. Nama:maulida fitriyani
    Kelas:8E
    Absen:15

    BalasHapus
  47. Nama: Edward vianda
    Kelas: 8D
    No : 11

    BalasHapus
  48. Nama:M zidan arfa satria andika
    kelas:8D
    No:21

    BalasHapus
  49. Nama:M zidan arfa satria andika
    kelas:8D
    No:21

    BalasHapus
  50. Nama:Irni sekar taji
    No:15
    Kelas:8c

    BalasHapus
  51. Nama:Irnaeni akna
    Kelas:8D
    No:16

    BalasHapus
  52. Nama:kayla nasywa syahira
    Kelas;8e
    No.absen:14

    BalasHapus
  53. Nama:RISQI DWI ADITIA
    KELAS:8E
    NO.ABSEN:25

    BalasHapus
  54. Nama:Alya adibba syakhrani
    Kls:8e
    No.absen:03

    BalasHapus
  55. Nama : Tria Rahmawati
    Kelas : 8E
    Absen : 29

    BalasHapus
  56. Nama: ZAIDUR RIZIK ULUMUDIN
    No:31
    KELAS:8e

    BalasHapus
  57. Nama: RIFKI GANANG RIADI
    No Absen:24
    Kelas:8E

    BalasHapus
  58. Nama : Daffa Taqiya Mumtaz
    Kelas : 8F
    No absen : 10

    BalasHapus
  59. Nama:Binta tsani'a hasina
    Kelas:8F
    No.absen:09

    BalasHapus
  60. Nama:faiza ikhda kaesya mersiana
    Kelas:8F
    No.absen:14

    BalasHapus
  61. Nama:faiza ikhda kaesya mersiana
    Kelas:8F
    No.absen:14

    BalasHapus
  62. Nama:panji Muhammad hasby bant
    Kelas:8f
    No abaen:24

    BalasHapus
  63. Nama:Dian Fariska Ikmila
    Kelas:8f
    No abawn:11

    BalasHapus
  64. Nama:isna azzi katunnayaroh
    Kls:8-h
    No:13
    Ket:hadir

    BalasHapus
  65. Nama : Hanun Naila Salsabila
    Kelas : 8B
    No : 9

    BalasHapus
  66. Nama:Hasna Zakiyyah Salma
    Kelas:8B
    No:10

    BalasHapus
  67. Nama:Hasna Zakiyyah Salma
    Kelas:8B
    No:10

    BalasHapus
  68. Nama:Irni sekar taji
    No:15
    Kelas:8C

    BalasHapus
  69. Nama:Sani atus zaskiya
    Kelas:8A
    No absen:26

    BalasHapus
  70. Nama: Muhammad Iqbal zaki amanatullah
    Kelas:8G
    No.absen:20

    BalasHapus