Rabu, 24 Juni 2020

silabus seni budaya kelas 7, 8

Silahkan silabus ini di DONWLOAD DI SINI
SILABUS

: SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas  : VII
 
KOMPETENSI INTI (KI)   
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara 
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, 
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, 
membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan Menjelaskan unsur, teknik dan prosedur  menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan  ·  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar  ·         Melihat dan membaca buku tentang unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.         Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
      ·         Menanyakan, unsur, prinsip, dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam      
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda Menggambar sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil Proses pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda Menggambar sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil Bentuk instrumen penilaian :  a. Penilaian produk            b. Penilaian karya   2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon   Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon      
             
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias Mengidentifikasi prinsip  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias ·         Prinsip,  dan prosedur menggambar  ·         Melihat dan membaca buku tentang unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    p 1.          Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
      ·         Menanyakan teknik mengubah gambar ragam hias      
  Mengidentifikasi prosedur  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias ·         Proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias ·         Mendiskusikan dan Mendeskripsikan proses dan hasil menggambar ragam hias gubahan     2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias Menampilkan dan mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas   ·         Menggambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik menggunakan berbagai bahan Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian produk            b. Penilaian karya    
  Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias   ·         Menampilkan dan mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas    
             
3.3   Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan ·         Prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan                   ·         Motif ragam hias pada bahan buatan ·         Menyimak dan membaca buku tentang prosedur   menerapkan  ragam hias pada bahan buatan. Teknik penilaian :        a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan    b.  Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.         Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan   ·         Menggali informasi tentang prosedur penerapan ragam hias  pada bahan buatan.      
      ·         Mendiskusikan prosedur dalam menerapkan  ragam hias pada bahan buatan     2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.3   Membuat karya dengan  berbagai motif ragam hias pada bahan buatan Membuat karya dengan  berbagai motif ragam hias pada bahan buatan dari kain   ·         Merancang , menggambar dan mempresentasikan prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan. Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian produk            b. Penilaian karya    
             
3.4   Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam Menerapkan prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam ·         Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam  ·         Mengamati gambar ragam    hias bahan alam Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.         Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.4   Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada  bahan alam Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada  bahan alam ·         Proses pembuatan karya dengan menerapkan  berbagai motif ragam hias pada bahan alam  ·         Menanyakan prosedur dan media  berkarya ragam hias  pada bahan alam     2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
      ·  Menerapkan dan mendeskripsikan unsur dan prinsip seni dalam menggambar ragam hias pada bahan alam Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian produk            b. Penilaian karya    
  ·         Mempresentasikan  secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam    ·         Mempresentasikan  secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam di depan kelas secara kelompok    
Mengetahui Moga,13 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas  : VII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR   MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1. Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok  dalam bentuk unisono Mengidentifikasi konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok  dalam bentuk unisono     Bernyanyi satu     suara secara berkelompok • Mendengarkan lagu dan menyaksikan  penampilan bernyanyi secara   berkelompok  dalam satu suara Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 15 jp 1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mengidentifikasi teknik  dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok  dalam bentuk unisono ·      Berlatih Bernyanyi Satu Suara Dengan Gerakan Tubuh dan Properti   • Mengidentifikasi jenis suara laki-laki dan perempuan  2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.1  Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono dengan teknik vokal secara benar ·      Pembagian jenis  suara laki-laki dan perempuan  •Menyanyikan lagu satu suara  dengan gerakan tubuh dan properti yang ada secara bersama-sama Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian praktik           b. Penilaian karya
        • Menampilkan  bernyanyi solo dan  bernyanyi berkelompok   
           
3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok Mengidentifikasi dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok ●Bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok •  Mengamati  lagu dengan dua suara atau lebih  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 15 jp 1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mengidentifikasi teknik bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok •   Mengidentifikasi pola melodi dan ritme  masing-masing bagian suara serta perbedaannya
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar • Menyanyikan masing-masing   bagian suara secara bersamaan dengan melibatkan gerakan tubuh dan properti yang sesuai dengan lirik lagu  Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian praktik           b. Penilaian karya 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Membuat laporan dari penampilan kelompok lain tentang  lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar Dengan kelompok Membuat laporan dari penampilan kelompok lain tentang  lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar
         
3.3. Memahami  konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan  Mengidentifikasi konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan  ●  Permainan alat musik • Mengamati permainan alat musik melalui media elektronik Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Memahami konsep dasar jenis  dan fungsi alat musik • Mengidentifikasi alat-alat musik sederhana serta cara memainkan alat musik tersebut
4.3 Memainkan alat musik sederhana secara perorangan Memahami konsep dasar teknik bermain alat musik sederhana • Memainkan  alat musik sesuai dengan tekniknya 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  • Mengembangkan atau mengeksplorasi bunyi pada sebuah alat musik
Memainkan alat musik tiup sederhana secara perorangan • Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik dengan lingkungan sekitar Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian praktik           b. Penilaian karya
Memainkan alat musik pukul sederhana secara perorangan • Memaparkan hasil kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan  
         
3.4.Memahami konsep dasar ansambel musik Mengidentifikasi konsep dasar ansambel musik ●Musik      ansambel sejenis dan campuran   • Mengamati pertunjukan  kelompok  musik ansambel sejenis dan campuran Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 15 jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan jenis-jenis   ansambel musik • Menanyakan perbedaan permainan musik ansambel sejenis dan campuran
  • Menanyakan karakteristik ansambel sejenis dan ansambel campuran 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.4. Memainkan ansambel musik sejenis dan campuran   • Memainkan  ansambel sejenis dan ansambel campuran Bentuk instrumen penilaian :                 a. Penilaian praktik           b. Penilaian karya
Memainkan ansambel musik sejenis dan campuran secara kelompok • Membandingkan ansambel campuran dengan sekelompok sumber bunyi yang berbeda      
  • Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar ansambel musik    
Mengetahui Moga,13 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas  : VII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1.   Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga   ruang-waktu-tenaga pada gerak  ·     Mengamati tayangan  atau guru memperagakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga melalui media Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga dari hasil pengamatan
  ·     Mencari contoh dan melakukan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan unsur ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan 2.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.1   Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga   mengolah   ruang-waktu-tenaga melalui gerak tari ·      Mempresentasikan hasil pengamatan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya 3.     Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto)
           
3.2  Memahami gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan   ruang, waktu, tenaga dan iringan  ·      Mengamati gerak tari berdasarkan unsur ruang,  waktu dan tenaga  sesuai iringan Teknik penilaian :       a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan                      b.  Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12 jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Melakukan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan  ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan 2.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
4.2 Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan    Meragakan gerak pada ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan  ·   Mempresentasikan perbandingan  gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya 3.     Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto)
           
3.3     Memahami   gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai   level dan pola lantai pada gerak tari ·     Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan menggunakan media Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    p 1.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·       12 jp 2.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·      Melakukan dan mendiskusikan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai  dengan  level dan pola lantai     2.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·   Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai     
4.3   Memeragakan     gerak tari sesuai dengan  level dan pola lantai   mengolah level dan pola lantai pada gerak  ·   Membuat synopsis dan menampilkan   karya tari berdasarkan level dan pola lantai  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   3.   Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto)
             
3.4    Memahami  gerak tari   sesuai dengan level dan pola lantai  sesuai iringan    Gerak tari dan iringan ·     Mendengarkan berbagai musik iringan tari   Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    jp 1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Melakukan latihan ragam gerak tari sesuai dengan level  2.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan  
4.4  Memeragakan  gerak tari   berdasarkan level dan pola lantai  sesuai iringan   Meragakan level dan pola lantai melalui gerak tari sesuai iringan ·   Mempresentasikan perbandingan  gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya 3.      Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto)
           
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas  : VIII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1     Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model dengan berbagai bahan Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mendeskripsikan unsur, prinsip  dan teknik dalam menggambar model 12    jp
Column1 Menyebutkan prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan Menggambar model  Bereksperimen menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
4.1   Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan Menggambar sketsa menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan      Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
  Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan Mempresentasikan  karya-karya  yang dikerjakan           
3.2     Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital  Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual  Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Melihat gambar ilustrasi  dengan beragam teknik  melalui media cetak dan elektronik Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
 Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik digital Menanyakan tentang prosedur dan teknik  menggambar ilustrasi  12 jp
4.2   Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Menggambar illustrasi dengan teknik manual dengan kertas gambar Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital  Menggambar ilustrasi dengan teknik manual   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
Menggambar illustrasi dengan teknik  digital Menggambar ilustrasi dengan teknik digital  
  Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
3.3   Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik Menjelaskan prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik Menggambar poster  Menjelaskan, melihat dan memberi komentar tentang contoh-contoh gambar poster dari berbagai sumber. Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan teknik, fungsi  gambar poster  Menjelaskan dan menanyakan prosedur,teknik, fungsi dan jenis-jenis gambar poster  12  jp  
Menyebutkan jenis-jenis gambar poster  Mendiskusikan dan bereksperimen dengan beragam teknik dan media menggambar poster  
4.3   Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik Kegiatan praktek menggambar berdasarkan teknik  prosedur dan fungsi gambar poster  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Menjelaskan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
3.4     Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik  Melihat  contoh gambar komik Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1       Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan fungsi dan teknik gambar komik Menanyakan tentang fungsi dan teknik gambar komik 12    jp 2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
Menjelaskan secara lisan atau  tulisan  mengenai gambar poster yang dihasilkan Mendiskusikan prosedur dan teknik menggambar komik   
4.4.    menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Menggambar komik dengan berbagai teknik Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya  
  Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya  komik yang dikerjakan Menggambar komik dengan berbagai teknik Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya  komik yang dikerjakan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
             
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas  : VIII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah Menyebutkan keunikan teknik dan gaya lagu daerah setempat Lagu daerah   (setempat atau daerah lain)/tradisional • Mengamati penampilan sekelompok penyanyi yang membawakan lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu  daerah • Mengidentifikasi  keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional   15  jp
4.1. Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Menyusun data lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gaya dan intonasi dialek kedaerahan Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah • Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional     
Menyanyikan lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah • Menyajikan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah  lebih secara berkelompok  
  Mempresentasikan hasil diskusi lagu-lagu  daerah yang sesuai dengan teknik,  gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk d. Penilaian karya   3.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok Menjelaskan teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok ●Lagu daerah dan pembagian suara Mengamati  lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang dinyanyikan dalam dua suara atau lebih Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan     1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan  pembagian suara dalam menyanyi lagu daerah dengan suara dua   Mengidentifikasi teknik  pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang diperdengarkan 15  jp
  - Keunikan Lagu Daerah Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional      
         
4.2 Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok Memaparkan kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok - Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok  b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  Menyanyikan lagu   daerah  (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih  secara kelompok Menyanyikan lagu   daerah  (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih   Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
3.3.Memahami teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan  Menjelaskan  teknik memainkan alat musik tradisional   ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara perorangan  Mengamati  permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik memainkan alat musik    
Menyebutkan  jenis-jenis  alat musik tradisional   Mengidentifikasi teknik permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan 15    jp 1.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Menyebutkan   fungsi memainkan alat musik tradisional   Mengidentifikasi  bagian-bagian tertentu pada alat musik tradisional  
  Mengidentifikasi  teknik memainkan alat musik tradisional    
4.3 Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan Membuat daftar  tentang teknik  memainkan berbagai alat musik tradisional secara kelompok Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik  memainkan salah satu alat musik tradisional secara kelompok     3.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
    Memainkan salah satu alat musik tradisional    
  Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara perorangan  Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
           
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok  Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok  ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok • Mengamati, menyaksikan  permainan sekelompok alat musik tradisional  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik bermain ansambel secara kelompok    
  • Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok  12    jp 1.     Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Berkreasi  memainkan alat musik tradisional secara berkelompok    
4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok   • Mengeksplorasi bunyi alat musik tradisional secara berkelompok    
  • Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok      
  Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok • Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian praktik   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
           
 
Mengetahui
Kepala SMP N 1 Moga Moga,13 Juli 2020
Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd
NIP1970901 199802 1 002 Haryanto,S.Pd
NIP19640504198601 1 003
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas  : VIII
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1 Memahami  keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari   Keunikan gerak dan unsur pendukung tari tradisional ·     Melihat guru atau mengamati tayangan  gerak tari berdasarkan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari Teknik penilaian :  a.  Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan                           b.   Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari 12    jp  
4.1 Memeragakan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari    Meragakan gerak tari tradisional ·      Menampilkan karya tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari  Bentuk instrumen penilaian :       a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.2 Memahami  keunikan gerak tari   tradisional  dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   Gerak  tari tradisional dan Iringan ·     Mengamati tayangan keunikan  gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari melalui media sesuai iringan Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Melihat  guru meragakan gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan 12    jp
  ·     Mendengarkan musik iringan tari tradisional    
4.2 Meragakan keunikan gerak tari   tradisional  dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   Meragakan gerak tari tradisional sesuai iringan ·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan Bentuk instrumen penilaian :          a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
      ·     Menampilkan   karya tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan     2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.3 Memahami penerapan pola lantai  dan unsur pendukung gerak tari tradisional   Penerapan Pola lantai pada gerak tari tradisional ·    Mengamati tayangan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya melalui media Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.3 Meragakan cara menerapkan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari     ·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai  ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari 12    jp  
  Meragakan pola lantai pada gerak tari tradisional ·   Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai  dengan menggunakan unsur pendukung tari Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.4 Memahami penerapan pola lantai dan  gerak tari tradisional berdasarkan unsur pendukung tari sesuai  iringan     Penerapan pola lantai dan unsur pendukung tari tradisional ·    Mengamati tayangan gerak tari tradisonal  berdasarkan pola lantai sesuai iringan  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·    Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal  b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    jp
  ·     Mencari contoh dan melakukan latihan merangkai berbagai  ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan    
4.4 Memeragakan gerak tari tradisional  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   Meragakan gerak tari tradisional ·     Mendiskusikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya  
    ·   Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP19640504198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas  : IX
KOMPETENSI INTI (KI) 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1   Memahami unsur, prinsip,  teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan   ·   Unsur, prinsip,  teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan · Melihat dan mengidentifikasikan karya seni lukis  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.1 Membuat  karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik   Berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik · Menanyakan prosedur, bahan, dan teknik melukis b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    jp  
      · Menggali informasi melalui kegiatan membaca, mengunjungi pameran, dan diskusi tentang  karya seni lukis Bentuk instrumen penilaian :   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
      · Menganalisis bentuk karya lukis dan menentukan teknik berkarya seni lukis yang bervariatif a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
      ·  Mempresentaskan hasil karya lukis di kelas      
             
3.2   Memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik   ·   Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai  bahan dan teknik ·        Melihat dan mengidentifikasikan karya patung dengan berbagai model, gaya, teknik dan media yang berbeda Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·        Menanyakan   teknik, fungsi   dan prosedur membuat  12    jp  
  ·  Mengidentifikasi prosedur, teknik dan media dalam berkarya seni patung  
4.2   Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik   ·   Berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik ·  Menghubungkan antara teknik berkarya dan media yang sesuai untuk berkarya seni patung Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya  
  · Mempresentasikan dan menunjukkan hasil karya seni patung yang dibuat   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.3   Memahami prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik   ·   Prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan, danteknik. a. Melihat gambar karya grafis dengan berbagai teknik dan media                                                                  Teknik penilaian :  a.  Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan                           b.   Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
   b. Menanyakan media dan teknik berkarya seni grafis  
   c. Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam berkarya seni grafis 12    jp
3.4   Membuat karya seni grafis dengan berbagai bahandan teknik   ·   Berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik d. Menetapkan teknik dan bahan yang sesuai untuk berkarya seni grafis    
  e. Mempresentasikan hasil karya seni grafis di kelas Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.4   Memahami prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa   ·   Prosedur menyelenggarakan pameran karya seni rupa a. Melihat tayangan video tentang jenis dan manfaat pameran seni rupa                  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
   b. Mengidentifikasi jenis, bentuk dan prosedur pameran karya seni rupa  
4.4   Menyelenggarakan pameran seni rupa   ·   Menyelenggarakan pameran seni rupa c. Merancang pameran karya seni rupa                                       12    jp  
  d. Membuat laporan tentang pelaksanaan kegiatan pameran karya seni rupa Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd            Haryanto,S.Pd
NIP. 1970901 199802 1 002 NIP. 19640504 198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas  : IX
KOMPETENSI INTI (KI) 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR   MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1  Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal   ·      Aransemen lagu untuk vokal solo/tunggal Lagu     ·  Teknik/ Cara Mengembangkan Ornamentasi Melodi dan Ritmis a. Mengamati aransemen lagu melalui media elektronik                       Teknik penilaian :  a.  Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan                            b.   Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
   b. Mengamati aransemen lagu yang sudah memiliki ornamentasi melodi dan ritmis  
  c.  Mengidentifikasi perbedaan dari kedua tayangan tersebut                                              12    jp  
  d. Merumuskan dan cara atau teknik mengembangkan ornamentasi melodi dan ritmis  lagu untuk vokal solo/tunggal  
4.1  Mengembangkan ornamentasi ritmis  maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal   e. Mencoba membuat ornamen – ornamen melodi,                                                                                 f. Menampilkan hasil penambahan ornamen lagu  di depan kelas  Bentuk instrumen penilaian :                        a. Penilaian produk              b. Penilaian karya   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
  ·      Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal    
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis  maupun ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal   ·      Aransemen lagu untuk kelompok vokal                                            - Teknik/ Cara Mengembangkan Ornamentasi Melodi dan Ritmis Mengamati sajian lagu hasil penambahan ornamen dalam  kelompok vokal  melalui media elektronik Teknik penilaian :  a.  Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan                           b.   Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  Mengamati  bagian suara yang sudah mengalami penambahan ornamen dalam kelompok vokal 12    jp
  Merumuskan cara atau teknik mengembangkan ornamen  lagu untuk kelompok vokal  
4.2 Mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal   Mencoba membuat, mengeksplorasi ornamen – ornamen   lagu secara sederhana untuk kelompok vokal Bentuk instrumen penilaian :                        a. Penilaian produk        b. Penilaian karya    
  Mengidentifikasi lagu hasil dari penambahan ornamen dengan lagu yang belum diberikan ornamen pada kelompok vokal  
  Menampilkan hasil penambahan ornamen pada kelompok vokal di depan kelas   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.3 Memahami konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer   ● Musik  populer             - Iringan Musik Populer                   - Konsep, Bentuk dan Ciri-ciri Musik Populer a. Menyaksikan pertunjukan musik populer dan jenis-jenisnya Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.3 Memainkan karya-karya musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual   • Mencoba menyanyikan dan memainkan alat musik populer   12    jp  
  • Mempresentasikan pertunjukan musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual  Bentuk instrumen penilaian :                a. Penilaian produk   b. Penilaian karya  
  • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
3.4 Memahami   pertunjukan musik Populer   ·  Perkembangan musik popular Mengamati pertunjukan  ansambel musik populer  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  Mengamati perbedaan karakter pada masing-masing jenis musik popular 12    jp
  Mendiskusikan pernyebab terjadinya perkembangan musik popular  
4.4 Menampilkan hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel   - Bentuk dan Jenis Musik Populer  Mengidentifikasi bentuk-bentuk yang dikembangkan dalam musik populer       
  Menyanyikan dan atau memainkan lagu-lagu populer  
  Perkembangan musik populer dengan perubahan sosial budaya dalam masyarakat Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya  
  Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang pertunjukan musik Populer   2.   Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com)
             
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
          
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd Haryanto,S.Pd
NIP1970901 199802 1 002 NIP. 19640504 198601 1 003
SILABUS
Satuan Pendidikan  : SMP Negeri 1 Moga
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas  : IX
KOMPETENSI INTI (KI) 
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR   MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1   Memahami   keunikan      gerak tari kreasi  berdasarkan unsur pendukung tari   ·       Keunikan gerak tari kreasi dan unsur pendukung tari ·     Melihat guru memperagakan gerak atau mengamati tayangan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Melakukan latihan merangkai berbagai  ragam  gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari a.      jp 2.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan  keunikan ragam  gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari  
4.1  Memeragakan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari   ·       Meragakan gerak tari kreasi dengan unsur pendukung ·   Menampilkan  karya tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari Bentuk instrumen penilaian :                  a. Penilaian produk b. Penilaian karya    
             
3.2    Memahami keunikan gerak tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai dengan iringan     ·     gerak tari kreasi dan iringan tari  ·     Melihat guru memperagakan gerak atau mengamati tayangan  keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan melalui media Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendengarkan iringan tari kreasi 12    jp 2.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam  gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan  
4.2   Memeragakan gerak tari   kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   ·     Meragakan gerak tari kreasi sesuai iringan ·   Menampilkan  karya tari kreasi  berdasarkan unsur pendukung sesuai iringan Bentuk instrumen penilaian :                  a. Penilaian produk b.  Penilaian karya    
             
3.3    Memahami cara menerapkan pola lantai   dan unsur pendukung gerak tari kreasi   ·      Penerapan pola lantai pada gerak tari kreasi   ·     Melihat  guru meragakan atau melihat tayangan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari kreasi  Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya   1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Melakukan latihan membuat  pola lantai gerak tari kreasi  12    jp 2.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·     Mendiskusikan bentuk pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari kreasi  
4.3    Meragakan cara menerapkan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari    ·      Menampilkan tari kreasi dengan unsur pendukung ·   Menampilkan  karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggnakan unsur pendukung tari Bentuk instrumen penilaian :                  a. Penilaian produk b.  Penilaian karya    
             
3.4   Memahami penerapan pola lantai gerak tari kreasi berdasarkan  unsur pendukung tari sesuai iringan   ·     Iringan tari kreasi ·    Mengamati tayangan karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dan pendukung tari sesuai dengan iringan melalui media Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan   b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya 12    jp 1.      Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  ·    Mendengarkan iringan tari kreasi  
  ·     Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam  gerak kreasi berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan   2.    Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.4  Meragakan gerak tari kreasi  berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan   ·     Meragakan gerak tari kreasi ·   Membuat synopsis dan menampilkan  karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan  Bentuk instrumen penilaian :                  a. Penilaian produk b.  Penilaian karya    
             
Mengetahui Moga,15 Juli 2020
Kepala SMP N 1 Moga Guru Mata Pelajaran
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd            Haryanto,S.Pd
NIP. 1970901 199802 1 002 NIP. 19640504 198601 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar