Silahkan silabus ini di DONWLOAD DI SINI SILABUS |
|||||||||||||
: SMP Negeri 1 Moga | |||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Rupa) | ||||||||||||
Kelas | : VII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara | |||||||||||||
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, | |||||||||||||
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, | |||||||||||||
membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan | Menjelaskan unsur, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan | · Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar | · Melihat dan membaca buku tentang unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
· Menanyakan, unsur, prinsip, dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam | |||||||||||||
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda | Menggambar sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil | • Proses pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda | Menggambar sketsa flora, fauna, dan alam benda dengan bahan pensil | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||
Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon | Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan bahan krayon | ||||||||||||
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | Mengidentifikasi prinsip menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | · Prinsip, dan prosedur menggambar | · Melihat dan membaca buku tentang unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 p | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
· Menanyakan teknik mengubah gambar ragam hias | |||||||||||||
Mengidentifikasi prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | · Proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | · Mendiskusikan dan Mendeskripsikan proses dan hasil menggambar ragam hias gubahan | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | Menampilkan dan mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas | · Menggambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik menggunakan berbagai bahan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias | · Menampilkan dan mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas | ||||||||||||
3.3 Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan | Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan | · Prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan · Motif ragam hias pada bahan buatan | · Menyimak dan membaca buku tentang prosedur menerapkan ragam hias pada bahan buatan. | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan | · Menggali informasi tentang prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan. | ||||||||||||
· Mendiskusikan prosedur dalam menerapkan ragam hias pada bahan buatan | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
4.3 Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan | Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan dari kain | · Merancang , menggambar dan mempresentasikan prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan. | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
3.4 Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam | Menerapkan prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam | · Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam | · Mengamati gambar ragam hias bahan alam | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
4.4 Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam | Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam | · Proses pembuatan karya dengan menerapkan berbagai motif ragam hias pada bahan alam | · Menanyakan prosedur dan media berkarya ragam hias pada bahan alam | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||
· Menerapkan dan mendeskripsikan unsur dan prinsip seni dalam menggambar ragam hias pada bahan alam | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||||
· Mempresentasikan secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam | · Mempresentasikan secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam di depan kelas secara kelompok | ||||||||||||
Mengetahui | Moga,13 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Musik) | ||||||||||||
Kelas | : VII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||
3.1. Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono | Mengidentifikasi konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono | • Bernyanyi satu suara secara berkelompok | • Mendengarkan lagu dan menyaksikan penampilan bernyanyi secara berkelompok dalam satu suara | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 15 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
Mengidentifikasi teknik dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono | · Berlatih Bernyanyi Satu Suara Dengan Gerakan Tubuh dan Properti | • Mengidentifikasi jenis suara laki-laki dan perempuan | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono | Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono dengan teknik vokal secara benar | · Pembagian jenis suara laki-laki dan perempuan | •Menyanyikan lagu satu suara dengan gerakan tubuh dan properti yang ada secara bersama-sama | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian praktik b. Penilaian karya | |||||||||
• Menampilkan bernyanyi solo dan bernyanyi berkelompok | |||||||||||||
3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | Mengidentifikasi dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | ●Bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok | • Mengamati lagu dengan dua suara atau lebih | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 15 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
Mengidentifikasi teknik bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | • Mengidentifikasi pola melodi dan ritme masing-masing bagian suara serta perbedaannya | ||||||||||||
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal | Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar | • Menyanyikan masing-masing bagian suara secara bersamaan dengan melibatkan gerakan tubuh dan properti yang sesuai dengan lirik lagu | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian praktik b. Penilaian karya | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||
Membuat laporan dari penampilan kelompok lain tentang lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar | Dengan kelompok Membuat laporan dari penampilan kelompok lain tentang lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal dengan teknik yang benar | ||||||||||||
3.3. Memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan | Mengidentifikasi konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan | ● Permainan alat musik | • Mengamati permainan alat musik melalui media elektronik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
Memahami konsep dasar jenis dan fungsi alat musik | • Mengidentifikasi alat-alat musik sederhana serta cara memainkan alat musik tersebut | ||||||||||||
4.3 Memainkan alat musik sederhana secara perorangan | Memahami konsep dasar teknik bermain alat musik sederhana | • Memainkan alat musik sesuai dengan tekniknya | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
• Mengembangkan atau mengeksplorasi bunyi pada sebuah alat musik | |||||||||||||
Memainkan alat musik tiup sederhana secara perorangan | • Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik dengan lingkungan sekitar | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian praktik b. Penilaian karya | |||||||||||
Memainkan alat musik pukul sederhana secara perorangan | • Memaparkan hasil kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan | ||||||||||||
3.4.Memahami konsep dasar ansambel musik | Mengidentifikasi konsep dasar ansambel musik | ●Musik ansambel sejenis dan campuran | • Mengamati pertunjukan kelompok musik ansambel sejenis dan campuran | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 15 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||
Menyebutkan jenis-jenis ansambel musik | • Menanyakan perbedaan permainan musik ansambel sejenis dan campuran | ||||||||||||
• Menanyakan karakteristik ansambel sejenis dan ansambel campuran | 2. Materi pendamping Seni Budaya (di https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
4.4. Memainkan ansambel musik sejenis dan campuran | • Memainkan ansambel sejenis dan ansambel campuran | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian praktik b. Penilaian karya | |||||||||||
Memainkan ansambel musik sejenis dan campuran secara kelompok | • Membandingkan ansambel campuran dengan sekelompok sumber bunyi yang berbeda | ||||||||||||
• Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar ansambel musik | |||||||||||||
Mengetahui | Moga,13 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Tari) | ||||||||||||
Kelas | : VII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1. Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga | ruang-waktu-tenaga pada gerak | · Mengamati tayangan atau guru memperagakan gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga melalui media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga dari hasil pengamatan | |||||||||||||
· Mencari contoh dan melakukan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan unsur ruang, waktu dan tenaga dengan hitungan atau ketukan | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||||
4.1 Memeragakan gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga | mengolah ruang-waktu-tenaga melalui gerak tari | · Mempresentasikan hasil pengamatan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 3. Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto) | |||||||||
3.2 Memahami gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan | ruang, waktu, tenaga dan iringan | · Mengamati gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
· Melakukan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||||
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan | |||||||||||||
4.2 Memeragakan gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan | Meragakan gerak pada ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan | · Mempresentasikan perbandingan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 3. Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto) | |||||||||
3.3 Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai | level dan pola lantai pada gerak tari | · Mengamati gerak tari berdasarkan level dan pola lantai dengan menggunakan media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 p | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
· | 12 jp | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||||
· Melakukan dan mendiskusikan latihan merangkai berbagai gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||||
· Membandingkan bentuk penyajian gerak tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai | |||||||||||||
4.3 Memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai | mengolah level dan pola lantai pada gerak | · Membuat synopsis dan menampilkan karya tari berdasarkan level dan pola lantai | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 3. Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto) | |||||||||
3.4 Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai sesuai iringan | Gerak tari dan iringan | · Mendengarkan berbagai musik iringan tari | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
· Melakukan latihan ragam gerak tari sesuai dengan level | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||||
· Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan | |||||||||||||
4.4 Memeragakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan | Meragakan level dan pola lantai melalui gerak tari sesuai iringan | · Mempresentasikan perbandingan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan level dan pola lantai | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 3. Dikat Ajar Seni Budaya (penyusun Haryanto) | |||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Rupa) | ||||||||||||
Kelas | : VIII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan | Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model dengan berbagai bahan | Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model | Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model | 12 jp | ||||||||||||
Column1 | Menyebutkan prinsip, teknik dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan | Menggambar model | Bereksperimen menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||
4.1 Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Menggambar sketsa menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan | Mempresentasikan karya-karya yang dikerjakan | ||||||||||||
3.2 Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual | Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Melihat gambar ilustrasi dengan beragam teknik melalui media cetak dan elektronik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Mengidentifikasi prosedur menggambar illustrasi dengan teknik digital | Menanyakan tentang prosedur dan teknik menggambar ilustrasi | 12 jp | |||||||||||
4.2 Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menggambar illustrasi dengan teknik manual dengan kertas gambar | Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital | Menggambar ilustrasi dengan teknik manual | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||
Menggambar illustrasi dengan teknik digital | Menggambar ilustrasi dengan teknik digital | ||||||||||||
Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi dalam bentuk pameran | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||||
3.3 Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik | Menjelaskan prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik | Menggambar poster | Menjelaskan, melihat dan memberi komentar tentang contoh-contoh gambar poster dari berbagai sumber. | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Menyebutkan teknik, fungsi gambar poster | Menjelaskan dan menanyakan prosedur,teknik, fungsi dan jenis-jenis gambar poster | 12 jp | |||||||||||
Menyebutkan jenis-jenis gambar poster | Mendiskusikan dan bereksperimen dengan beragam teknik dan media menggambar poster | ||||||||||||
4.3 Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik | Menggambar poster dengan berbagai bahan dan teknik | Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik | Kegiatan praktek menggambar berdasarkan teknik prosedur dan fungsi gambar poster | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||
Menjelaskan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Berkarya poster dengan berbagai bahan dan teknik | Mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
3.4 Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik | Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik | Melihat contoh gambar komik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1 Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Menyebutkan fungsi dan teknik gambar komik | Menanyakan tentang fungsi dan teknik gambar komik | 12 jp | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
Menjelaskan secara lisan atau tulisan mengenai gambar poster yang dihasilkan | Mendiskusikan prosedur dan teknik menggambar komik | ||||||||||||
4.4. menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||||||||
Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya komik yang dikerjakan | Menggambar komik dengan berbagai teknik | Mempresentasikan teknik dan prosedur menggambar dari karya komik yang dikerjakan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Musik) | ||||||||||||
Kelas | : VIII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1. Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah | Menyebutkan keunikan teknik dan gaya lagu daerah setempat | Lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | • Mengamati penampilan sekelompok penyanyi yang membawakan lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Menyebutkan teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah | • Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | 15 jp | |||||||||||
4.1. Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Menyusun data lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gaya dan intonasi dialek kedaerahan | Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah | • Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | ||||||||||
Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah | • Menyajikan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah lebih secara berkelompok | |||||||||||
Mempresentasikan hasil diskusi lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk d. Penilaian karya | 3. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||||
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | Menjelaskan teknik dan gaya menyanyi dua suara secara berkelompok | ●Lagu daerah dan pembagian suara | Mengamati lagu-lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang dinyanyikan dalam dua suara atau lebih | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
Menyebutkan pembagian suara dalam menyanyi lagu daerah dengan suara dua | Mengidentifikasi teknik pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional yang diperdengarkan | 15 jp | |||||||||||
- Keunikan Lagu Daerah | Mengidentifikasi keunikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional | ||||||||||||
4.2 Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | Memaparkan kesimpulan yang tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | - Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Dua Suara | • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok | b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||
Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih secara kelompok | Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)/tradisional dengan dua suara atau lebih | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||||||||||
3.3.Memahami teknik memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional | ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara perorangan | Mengamati permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik memainkan alat musik | |||||||||
Menyebutkan jenis-jenis alat musik tradisional | Mengidentifikasi teknik permainan alat musik tradisional yang dimainkan secara perorangan | 15 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||
Menyebutkan fungsi memainkan alat musik tradisional | Mengidentifikasi bagian-bagian tertentu pada alat musik tradisional | ||||||||||||
Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional | |||||||||||||
4.3 Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Membuat daftar tentang teknik memainkan berbagai alat musik tradisional secara kelompok | Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan salah satu alat musik tradisional secara kelompok | 3. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
Memainkan salah satu alat musik tradisional | |||||||||||||
Memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan | Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara perorangan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||||||||||
3.4.Memahami teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Menjelaskan teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | ●Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | • Mengamati, menyaksikan permainan sekelompok alat musik tradisional | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik bermain ansambel secara kelompok | |||||||||
• Mengidentifikasi teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||||
• Berkreasi memainkan alat musik tradisional secara berkelompok | |||||||||||||
4.4.Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok | • Mengeksplorasi bunyi alat musik tradisional secara berkelompok | |||||||||||
• Menampilkan pertunjukan permainan alat musik tradisional secara berkelompok | |||||||||||||
Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | • Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian praktik | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
Mengetahui | |||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Moga,13 Juli 2020 | ||||||||||||
Guru Mata Pelajaran | |||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | |||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP19640504198601 1 003 | |||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Tari) | ||||||||||||
Kelas | : VIII | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1 Memahami keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari | Keunikan gerak dan unsur pendukung tari tradisional | · Melihat guru atau mengamati tayangan gerak tari berdasarkan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari | 12 jp | ||||||||||||
4.1 Memeragakan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari | Meragakan gerak tari tradisional | · Menampilkan karya tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||
3.2 Memahami keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | Gerak tari tradisional dan Iringan | · Mengamati tayangan keunikan gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari melalui media sesuai iringan | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Melihat guru meragakan gerak tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | 12 jp | ||||||||||||
· Mendengarkan musik iringan tari tradisional | |||||||||||||
4.2 Meragakan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | Meragakan gerak tari tradisional sesuai iringan | · Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai keunikan ragam gerak tari tradisonal menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
· Menampilkan karya tari tradisional menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
3.3 Memahami penerapan pola lantai dan unsur pendukung gerak tari tradisional | Penerapan Pola lantai pada gerak tari tradisional | · Mengamati tayangan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukungnya melalui media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
4.3 Meragakan cara menerapkan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari | · Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai berbagai ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari | 12 jp | |||||||||||
Meragakan pola lantai pada gerak tari tradisional | · Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
3.4 Memahami penerapan pola lantai dan gerak tari tradisional berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan | Penerapan pola lantai dan unsur pendukung tari tradisional | · Mengamati tayangan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Mendengarkan beberapa musik iringan tari tradisonal | b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | |||||||||||
· Mencari contoh dan melakukan latihan merangkai berbagai ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan | |||||||||||||
4.4 Memeragakan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | Meragakan gerak tari tradisional | · Mendiskusikan ragam gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
· Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP19640504198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Rupa) | ||||||||||||
Kelas | : IX | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||||
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan | · Unsur, prinsip, teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan | · Melihat dan mengidentifikasikan karya seni lukis | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
4.1 Membuat karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik | Berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik | · Menanyakan prosedur, bahan, dan teknik melukis | b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | |||||||||
· Menggali informasi melalui kegiatan membaca, mengunjungi pameran, dan diskusi tentang karya seni lukis | Bentuk instrumen penilaian : | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||||
· Menganalisis bentuk karya lukis dan menentukan teknik berkarya seni lukis yang bervariatif | a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||||
· Mempresentaskan hasil karya lukis di kelas | |||||||||||||
3.2 Memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik | · Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik | · Melihat dan mengidentifikasikan karya patung dengan berbagai model, gaya, teknik dan media yang berbeda | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Menanyakan teknik, fungsi dan prosedur membuat | 12 jp | ||||||||||||
· Mengidentifikasi prosedur, teknik dan media dalam berkarya seni patung | |||||||||||||
4.2 Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik | · Berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik | · Menghubungkan antara teknik berkarya dan media yang sesuai untuk berkarya seni patung | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
· Mempresentasikan dan menunjukkan hasil karya seni patung yang dibuat | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
3.3 Memahami prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik | · Prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan, danteknik. | a. Melihat gambar karya grafis dengan berbagai teknik dan media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
b. Menanyakan media dan teknik berkarya seni grafis | |||||||||||||
c. Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam berkarya seni grafis | 12 jp | ||||||||||||
3.4 Membuat karya seni grafis dengan berbagai bahandan teknik | · Berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik | d. Menetapkan teknik dan bahan yang sesuai untuk berkarya seni grafis | |||||||||||
e. Mempresentasikan hasil karya seni grafis di kelas | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||||
3.4 Memahami prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa | · Prosedur menyelenggarakan pameran karya seni rupa | a. Melihat tayangan video tentang jenis dan manfaat pameran seni rupa | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
b. Mengidentifikasi jenis, bentuk dan prosedur pameran karya seni rupa | |||||||||||||
4.4 Menyelenggarakan pameran seni rupa | · Menyelenggarakan pameran seni rupa | c. Merancang pameran karya seni rupa | 12 jp | ||||||||||
d. Membuat laporan tentang pelaksanaan kegiatan pameran karya seni rupa | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | |||||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP. 1970901 199802 1 002 | NIP. 19640504 198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Musik) | ||||||||||||
Kelas | : IX | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan menyanyikan) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, musik vokal dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal | · Aransemen lagu untuk vokal solo/tunggal Lagu · Teknik/ Cara Mengembangkan Ornamentasi Melodi dan Ritmis | a. Mengamati aransemen lagu melalui media elektronik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
b. Mengamati aransemen lagu yang sudah memiliki ornamentasi melodi dan ritmis | |||||||||||||
c. Mengidentifikasi perbedaan dari kedua tayangan tersebut | 12 jp | ||||||||||||
d. Merumuskan dan cara atau teknik mengembangkan ornamentasi melodi dan ritmis lagu untuk vokal solo/tunggal | |||||||||||||
4.1 Mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal | e. Mencoba membuat ornamen – ornamen melodi, f. Menampilkan hasil penambahan ornamen lagu di depan kelas | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||
· Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal | |||||||||||||
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis maupun ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal | · Aransemen lagu untuk kelompok vokal - Teknik/ Cara Mengembangkan Ornamentasi Melodi dan Ritmis | Mengamati sajian lagu hasil penambahan ornamen dalam kelompok vokal melalui media elektronik | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
Mengamati bagian suara yang sudah mengalami penambahan ornamen dalam kelompok vokal | 12 jp | ||||||||||||
Merumuskan cara atau teknik mengembangkan ornamen lagu untuk kelompok vokal | |||||||||||||
4.2 Mengembangkan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal | Mencoba membuat, mengeksplorasi ornamen – ornamen lagu secara sederhana untuk kelompok vokal | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | |||||||||||
Mengidentifikasi lagu hasil dari penambahan ornamen dengan lagu yang belum diberikan ornamen pada kelompok vokal | |||||||||||||
Menampilkan hasil penambahan ornamen pada kelompok vokal di depan kelas | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
3.3 Memahami konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer | ● Musik populer - Iringan Musik Populer - Konsep, Bentuk dan Ciri-ciri Musik Populer | a. Menyaksikan pertunjukan musik populer dan jenis-jenisnya | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
4.3 Memainkan karya-karya musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual | • Mencoba menyanyikan dan memainkan alat musik populer | 12 jp | |||||||||||
• Mempresentasikan pertunjukan musik populer dengan vokal dan atau alat musik secara individual | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||||
• Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
3.4 Memahami pertunjukan musik Populer | · Perkembangan musik popular | Mengamati pertunjukan ansambel musik populer | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
Mengamati perbedaan karakter pada masing-masing jenis musik popular | 12 jp | ||||||||||||
Mendiskusikan pernyebab terjadinya perkembangan musik popular | |||||||||||||
4.4 Menampilkan hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik populer dalam bentuk ansambel | - Bentuk dan Jenis Musik Populer | Mengidentifikasi bentuk-bentuk yang dikembangkan dalam musik populer | |||||||||||
Menyanyikan dan atau memainkan lagu-lagu populer | |||||||||||||
Perkembangan musik populer dengan perubahan sosial budaya dalam masyarakat | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||||
Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang pertunjukan musik Populer | 2. Materi Ajar Seni Budaya (di blog https://senidanbudayasmp.blogspot.com) | ||||||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP1970901 199802 1 002 | NIP. 19640504 198601 1 003 | ||||||||||||
SILABUS | |||||||||||||
Satuan Pendidikan | : SMP Negeri 1 Moga | ||||||||||||
Mata Pelajaran | : Seni Budaya (Seni Tari) | ||||||||||||
Kelas | : IX | ||||||||||||
KOMPETENSI INTI (KI) | |||||||||||||
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | |||||||||||||
2. menghargai dan menghayati perilaku jujur disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |||||||||||||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | |||||||||||||
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, meng dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | |||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||
3.1 Memahami keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | · Keunikan gerak tari kreasi dan unsur pendukung tari | · Melihat guru memperagakan gerak atau mengamati tayangan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Melakukan latihan merangkai berbagai ragam gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | a. jp | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||||
· Mendiskusikan keunikan ragam gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | |||||||||||||
4.1 Memeragakan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | · Meragakan gerak tari kreasi dengan unsur pendukung | · Menampilkan karya tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
3.2 Memahami keunikan gerak tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai dengan iringan | · gerak tari kreasi dan iringan tari | · Melihat guru memperagakan gerak atau mengamati tayangan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan melalui media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Mendengarkan iringan tari kreasi | 12 jp | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||||
· Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan | |||||||||||||
4.2 Memeragakan gerak tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | · Meragakan gerak tari kreasi sesuai iringan | · Menampilkan karya tari kreasi berdasarkan unsur pendukung sesuai iringan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
3.3 Memahami cara menerapkan pola lantai dan unsur pendukung gerak tari kreasi | · Penerapan pola lantai pada gerak tari kreasi | · Melihat guru meragakan atau melihat tayangan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari kreasi | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||
· Melakukan latihan membuat pola lantai gerak tari kreasi | 12 jp | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | |||||||||||
· Mendiskusikan bentuk pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari kreasi | |||||||||||||
4.3 Meragakan cara menerapkan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari | · Menampilkan tari kreasi dengan unsur pendukung | · Menampilkan karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggnakan unsur pendukung tari | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
3.4 Memahami penerapan pola lantai gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan | · Iringan tari kreasi | · Mengamati tayangan karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dan pendukung tari sesuai dengan iringan melalui media | Teknik penilaian : a. Penilaian pengetahuan dalam bentuk test tertulis dan lisan b. Penilaian keterampilan dalam bentuk praktik membuat karya | 12 jp | 1. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||
· Mendengarkan iringan tari kreasi | |||||||||||||
· Mendiskusikan dan melakukan latihan merangkai ragam gerak kreasi berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan | 2. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | ||||||||||||
4.4 Meragakan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan | · Meragakan gerak tari kreasi | · Membuat synopsis dan menampilkan karya tari kreasi berdasarkan pola lantai dan unsur pendukung tari sesuai iringan | Bentuk instrumen penilaian : a. Penilaian produk b. Penilaian karya | ||||||||||
Mengetahui | Moga,15 Juli 2020 | ||||||||||||
Kepala SMP N 1 Moga | Guru Mata Pelajaran | ||||||||||||
Slamet Ruslani,S.Pd.M.Pd | Haryanto,S.Pd | ||||||||||||
NIP. 1970901 199802 1 002 | NIP. 19640504 198601 1 003 |
Rabu, 24 Juni 2020
silabus seni budaya kelas 7, 8
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar