Rabu, 06 Mei 2020

seni grafis


A.Pengertian Seni grafis
Siwa SMP 1 Moga sedang membuat karya grafis
Praktek membuat karya Grafis
Seni grafis merupakan bagian dari seni rupa yang berdimensi dua atau karya seni rupa dwi matra. Istilah grafis diambil dari bahasa Inggris graph atau graphic yang berarti tulisan, gambar atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores. Grafi atau grafis juga berarti gambaran yang nyata.Dalam bahasa Yunani, grafis berasal dari kata graphien yang berarti menulis atau menggambar(Diksi Seni Rupa,Mikke Susanto hal. 47).  

Dalam sejararah kebudayaan manusia di nusantara, seni cetak sudah ada sejak zaman batu, dengan bukti ada gambar cap tangan yang ada di dinding Goa Leang leang yang di Sulawesi Selatan. Sehingga Seni Grafis dapat diartikan sebagai cabang seni rupa dua dimensi yang proses pembuatan karyanya dengan menggunakan teknik cetak. 

Dalam proses pembuatan karya yang termasuk dalam seni grafis, dapat dimungkinkan terjadi pelipat gandaan karya, atau pembuatan dengan jumlah yang banyak, namun hasil karyanya tetap sama.Proses inilah yang disebut dengan proses cetak. Seni grafis diciptakan di atas permukaan yang di sebut dengan plat, plat yang dijadikan sebagai media ini meliputi papan kayu, plat logam, lembaran kaca akrilik, lembaran linoleum atau batu litografi. 

Seni grafis lain yang disebut dengan senigrafi atau cetak saring / sreen printing dengan menggunakan media lembaran kain yang berpori. Kegiatan mencetak merupakan suatu cara memperbanyak gambar atau tulisan dengan alat cetak/ acuan / klise. Alat cetak (klise) tekniknya dengan menggores atau mencukil pada permukaan papan, gips, logam atau bahan lainnya. 

Hasil cetakan yang diproses dengan teknik cukil ini akan menunjukkan kreativitas maupun keterampilan penciptanya. Hasil cukilan diolesi tinta, kemudian dilekatkan pada selembar kertas dan ditekan. Tinta dari acuan melekat pada kertas inilah yang disebut dengan seni grafis. Seni grafis di Indononesia awalnya merupakan media alternatif bagi seniman yang telah mengerjakan bidang lainnya seperti melukis atau mematung. 

Secara kronologi seni grafis muncul sekitar tahun 1950-an. Tokohnya yaitu Suromo, dan Abdul Salam di Yogyakarta. Mereka membuat karya dengan teknik cukil kayu (woodcut) dan kebanyakan dari karyanya merupakan poster perjuangan.

B. Jenis Karya Seni Grafis Berdasarkan Teknik 
Pembagian jenis seni grafis dilakukan berdasarkan teknik pembuatannya.Bahan dan alat yang dipakai juga beragam sesuai teknik yang digunakan.Jenis-jenis seni grafis berdasarkan teknik pembuatannya dapat dibedakan sebagai berikut :
 
1.         Cetak Tinggi
Proses pembuatan cetak tinggi menggunakan cetakan dari bahan yang di cukil sehingga menghasilkan permukaan tinggi dan rendah (bagian yang menonjol dan bagian yang tenggelam). Bentuk permukaan tinggi dan rendah tersebut dinamakan relief. Bagian yang yang tinggi ini di lumuri tinta cetak dengan lat rol karet. Kemudian dicetakkan pada lembaran kertas sehingga membentuk gambar sesuai dengan cetakannya ( hasil cukilan).  

Stempel merupakan contoh alat sederhana untuk mencetak gambar atau tulisan dengan teknik ini. Pada cap / stempel tersebut dapat kita lihat adanya gambar / tulisanyang timbul, yang nantinya akan menghasilkan suatu gambar atau tulisan pada benda yang diberi warna. Teknik cetak tinggi dapat menggunakan bahan triplek, karet, kayu, alumuniumsebagai media yang akan cukil. Media kertas dapat menggunakan kertas karton, kertas manila, kertas tela. Cat yang digunakan dapat dengan cat minyak, cat kayu atau tinta. Sedangkan alat yang dipakai adalah pisau cukil dan rol. 

2.       Cetak Dalam
Cetak dalam disebut juga intaglio print.Cetak dalam adalah seni cetak yang menggunakan klisedalam, artinya bagian dalam menyerap tinta dan akanmembekas pada kertas. Jenis-jenis cetak dalam antara lain:etsa, mezzotint, drypoint, dan lain sebagainya. 

Cetak dalam dibuat dengan bahan cetakan dari aluminium atau kuningan yang permukaannya ditoreh hingga menghasilkan goresan yang dalam. Tinta lalu dituangkan, diratakan atau dirolkan pada bagian yang dalam tersebut. Kertas yang sudah dibasahi dengan air lalu diletakkan di atasnya. Tinta akan melekat pada kertas dan terbentuklah gambar atau tulisan sesuai yang diharapkan. Alat yang dipakai untuk menoreh dapat berupa pahat grafis, paku, jarum, burin atau logam runcing. Hasil engraving
 
3.       Cetak Datar
Cetak datar adalah teknik cetak yang menggunakan klise datar dengan prinsip saling menolak dan menerima antara tinta dan air.Cetak datar adalah memperbanyak hasil cetakan dengan media permukaan yang datar. Teknik ini ditemukan pada abad ke- 16 di Eropa. Klise cetak ini menggunakan batu cadas (limestone) .Selain batu, sekarang dapat juga menggunakan lempengan logam(seng) untuk memperingan proses kerja.Planografi(Cetak Datar) dimana matrix permukaannya tetap, hanya mendapat perlakuan khusus pada bagian tertentu untuk menciptakan image/gambar. 

Teknik ini meliputi : litografi,monotypedan teknik digital. Cetak datar salah satunya terdapat pada teknik fotografi yaitu proses mencetak foto hasil jepretan kamera. Teknik cetak bisa menggunakan bahan film, kertas foto, dan bahan cuci film. Kemudian dengan teknik cetak digital menggunakan kamera digital, komputer,dan printer Karya cetak datar
 
4.       Cetak Saring
 
Cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen)
dengan kerapatan serat tertentu. Proses pembuatan cetak saring biasa disebut dengan
sablon atau senigrafi.Proses pembuatan cetak saring melalui tahapan pembuatan dari bahan screen, yaitu sejenis kain yang dilapisi bahan peka cahaya. 
Screen lalu ditutup film dan dilakukan penyinaran. Kemudian screen tersebut disemprot dengan air, terbentuklah saring berlobang (saring) sesuai dengan filmnya. Disebut dengan cetak saring karena tinta yang terdapat di atas permukaan screen akan tersaring melalui pori-porinya menembus ke media yang digunakan. Sablon tersebut banyak digunakan untuk mencetak tulisan maupun gambar pada permukaan datar atau rata, misalnya untuk mencetak tulisan ataugambar pada kertas, kaos, kain spanduk,undangan, plastik, dan media lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar